PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SAAT PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA-1 SMA NEGERI 1 GRESIK DENGAN GEMBOL

Darwati Darwati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran aktif melalui kegiatan gembol (games biologi) pada pokok bahasan sel, efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA1 SMA Negeri 1 Gresik. Metode penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Data diperoleh melalui instrumen lembar observasi dan tes. Data hasil observasi aktivitas peserta didik selama pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran aktif melalui kegiatan gembol efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Gresik mata pelajaran biologi pokok bahasan sel.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Bennett, N., Wood, L., dan Rogers, S. 2005. Teaching Through Play. PT Grasindo Ikapi. Jakarta.

Melvin, L. Siberman. 2004. Aktif Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.

Nur, M. dan Wikandari, P.R. 2008. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Edisi 5. UNESA. Surabaya.

Nur, M. 2008. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Cetakan ke 3. UNESA. Surabaya.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.

Suparno, P., Rohandi, R, Sukadi, G., Kartono, S. 2002. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Usman, Uzer, M. 2002. Menjadi Guru Profesional. Edisi ke 2. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Weed, Gretchen, E. 1971. Using Games in Teaching Children. ELEC Bulletin No. 32. Winter. Tokyo. Japan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i2.1517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: