Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa

Wiwi Widiyarti, Riandi Riandi, Usep Soetisna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kemandirian  peserta didik pada pembelajaran Biologi  kelas X  SMA  Negeri 1  Mandirancan Kuningan dengan penerapan model Problem Based Learning. Populasi penelitian seluruh kelas X SMAN 1 Mandirancan Kuningan yang terdiri dari sembilan kelas dengan sampel diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X.1  sebagai kelas eksperimen dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes berpikir kreatif (soal pretes dan postes) dan non tes (observasi kemandirian siswa dan angket respon siswa terhadap pembelajaran PBL).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Desain dalam  eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah ”nonequivalent Group Pretest-posttest desingn” atau kontrol grup tidak menerima perlakuan .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMAN 1 Mandirancan Kuningan. Kriteria penilaian masing-masing indikator dalam berpikir kreatif semuanya meningkat. Begitu juga dengan kemandirian siswa melalui pembelajaran PBL  diperoleh hasil lebih baik dibanding pembelajaran  metode ceramah. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian siswa khususnya pada mata pelajaran Biologi materi Pencemaran Lingkungan dan Daur Ulang Limbah


Full Text:

 Subscribers Only

References


Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. XXXIX (3), 496-515

Klegeris,A (2011). Problem-Based learning in a Large Classroom Setting: Methodology, Student Perception and Problem solving Skills. Department of Biology, University of British Columbia Okanagan, Kelowna, BC (CANADA. ISBN:978-84-615-0441-1 002532 ://docs.lib.purdue.edu. 22 Februari 2015

Masrun (1986) .Faktor-faktor yang mempengarui kemandirian pada remaja.[online]. (http://tugasavan.blogspot.com/2010/10/kemandirian.html, ( 13 Februari 2015).

Marzano. 1988. Dimensions of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction. Alexandria, Va: ASCD

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Parker,DK (2005).Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak Jakarta:Pustakarya

Purnamaningsih,.A (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada pembelajaran biologi Siswa KelS X -10 SMA Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta

Putera, S 2012. Implementasi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi SMA Ditinjau dari Intelligence Quotien ( IQ) .Tesis Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Sanjaya, W, 2007. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta,Kencana Prenada Media Group.

Wina,M (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Wulandari.B.2013.Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 2, April 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.