HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Ciamis)

Dian Yulianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya mengajar guru, prestasi belajar bahasa Indonesia siswa, dan mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru dengan prestasi belajar bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalan penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan analisis korelasi. Penelitian ini dilakukan terhadap 70 siswa. Data yang diperoleh dari jawaban terhadap  angket dari 70 orang responden dikorelasikan dengan nilai rapor siswa. Penelitian berkesimpulan: (1) Gaya mengajar guru yang meliputi,variasi suara termasuk dalam kategoti sangat baik, penekanan termasuk dalam kategori baik, pemberian waktu termasuk dalam kategori baik, kontak pandang termasuk dalam kategori baik, gerakan anggota tubuh termasuk dalam kategori baik dan perpindahan posisi juga termasuk dalam kategori baik; (2) Prestasi  belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII MTs Negeri 2 Ciamis termasuk kategori baik. Hal ini tampak pada nilai rapor dengan rata-rata nilai 78 yang melebihi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65; (3) Terdapat hubungan yang sangat kuat antara gaya mengajar guru dengan prestasi belajar bahasa Indonesia.  


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.

Kuncoro, Mudrajat. 2013. Metode Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Grup.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudibyo, Bambang S. 2005. Metode Penelitian. Bandung: STIE STIMIK PASIM.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2015. Statistika untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: PT Rosdakarya.

Syamsudin. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tarigan, Henry G. 1994. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zarkasyi, Wahyudin. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i2.1520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License