PENGGUNAAN KARTU MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBEDAKAN JENIS-JENIS ADAPTASI

Ikeu Rukiati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan kartu make a match dalam membedakan jenis-jenis adaptasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengobservasi proses pembelajaran guru, mengobservasi aktivitas siswa, memberikan tes hasil belajar siswa, dan mewawancara siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kartu make a match yang telah dimodifikasi terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membedakan jenis-jenis adaptasi di kelas IX-A SMP Negeri 15 Tasikmalaya. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan pra tindakan. Proses belajar pada siklus I pertemuan ke-1  meningkat sebesar 18%  pada siklus I pertemuan ke-2 dan meningkat 11.5% pada siklus II pertemuan ke-1. Demikian pula  meningkat sebesar  2.25 % pada akhir siklus II pertemuan ke-2. Hasil belajar dan kemampuan siswa dalam membedakan jenis-jenis adaptasi (yang mencapai KKM= 75) pada siklus I pertemuan ke-1 meningkat sebesar 5.71 % pada siklus I pertemuan ke-2 dan meningkat pula sebesar 5.24% pada siklus II pertemuan ke-1. Demikian pula, hasil belajar dan kemampuan siswa pada siklus II pertemuan ke-1 meningkat sebesar 0.92% pada siklus II pertemuan ke-2.Pada umumnya siswa merespon dengan baik penggunaan kartu make a match yang telah dimodifikasi. Hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa yang menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran IPA melalui tindakan penelitian pada pertemuan dan siklus ke siklus menunjukkan kemajuan dan peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 meningkat sebesar 6.25%  pada siklus I pertemuan ke-2 dan meningkat sebesar 17% pada siklus II pertemuan ke-1. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus II meningkat sebesar 8%  pada siklus II pertemuan ke-2.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.(2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006 Silabus dan ModelPembelajaran IPA. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Permen Dikdas No.22tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Ganawati, D. dan Sudarma dan Radyuni,W. (2008) Pembelajaran Ilmu Pengetahuan AlamTerpadu & Kontekstual IX untukSekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Hayardin. (2012). “Model Pembelajaran Make a Match.” (online).Tersedia : http://blogspot.com/Hayardin.html. (11 September 2015)

Hayardin. (2012).”Lima Kelebihan Model Pembelajaran Make a Match.” (online).Tersedia: http://blog.blogspot.com/Hayardin.html#1xzz26Rmnazoo.(11 September 2015)

Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning. Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruangKelas. Jakarta : PT Grasindo

Natalia, M.M. dan Kania Islami Dewi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bogor : CV Regina.

Puspita, D. dan IIp Rohima. (2009). Alam Sekitar IPA Terpadu untuk SMP/MTs kelas IX.Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sudibyo, E. dan W idodo, W. dan Wasis dan Dwi,S. (2008). Mari Belajar IPA untuk SMP dan MTs Kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Suhardjono (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Jakart a : PT Bumi Aksara

Takari, E. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Pada Kegiatan Pengembangan Profesi Guru IPA SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Bandung : PT Genesindo.

Tarmizi. (2008). “Pembelajaran Kooperatif Make Match.”(online) Tersedia:http://wordpress.com/Tarmizi (11 September 2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i2.1522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: