UPAYA MENINGKATKAN KESEGARAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI (PenelitianTindakan Kelas di kelas VII-G SMP Negeri 14 Tasikmalaya)

Ahmad Sesfao

Abstract


Kemampuan siswa kelas VII-G  SMP Negeri 14 Tasikmalaya pada Mata Pelajaran Penjas Orkes masih dianggap kurang, sehingga perlu diupayakan oleh guru untuk peningkatanya. Salah satu upaya yang penulis anggap tepat yaitu pendekatan bermain untuk meningkatkan kesegaran jasmani dalam pembelajarn pendidikan jasmani , olah raga dan kesehatan. Di kelas VII-G semester 1.. Penelitian pada Siswa kelas VII-G SMP Negeri 14 Tasikmalaya.Setelah diadakan penelitian tindakan kelas tentang upaya meningkatkan kesegaran jasmani siswa membuktikan bahwa dengan pendekatan bermain pembelajaran untuk meningkatkan kesegaran jasmani siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan lebih termotivasi karena mereka dapat belajar sambil bermain. Untuk itu penulis berkesimpulan bahwa model pembelajaran dengan pendekatan bermain dapat diterapkan dalam pendidikan jasmani untuk semua jenjang pendidikan agar tingkat kebugaran jasmani siswa dapat ditingkatkan.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas, 2003, Undang-Undang R.I Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas

Depdiknas, 2003, Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani SMP/MTs, Jakarta : Depdiknas

Dr.Kathleen L.K. dan Dr Jonathan Kuntaraf, 1992, Olahraga Sumber Kesehatan, Bandung : Percetakan Advent Indonesia

J. Mata Kupan, 2002, Teori Bermain, Jakarta : Universitas Terbuka.

Muhajir, 2008, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP Kelas VII,Jakarta, Erlangga

Ngalim Purwanto.M, 2003, Ilmu Pendidikan Teori dan Praktik, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Winata Putra Udin, 1994, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i3.1532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: