PENGGUNAAN MEDIA P0WER POINT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA KONSEP ORGANISASI KEHIDUPAN (PTK di Kelas VII-D SMP Negeri 19 Tasikmalaya)

Teti Sulastri

Abstract


Salah satu kompetensi siswa yang ditingkatkan melalui Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Konsep organisasi kihidupan dengan menggunakan Media Power Point sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa  pada konsep organisasi kehidupan. Rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan media Power Point dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa pada konsep organisasi kihidupan” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Media Power Point  dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa pada konsep organisasi kihidupan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan yaitu perencanaan (planning), Pelaksanaan (Acting), Observasi (Observation), Refleksi(Reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi kepada siswa dan observasi guru,tes hasil belajar dan pengisian angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa Proses belajar terjadi peningkatan rata –rata skor 45 pada pra siklus  menjadi 51 pada siklus 1 atau meningkat 6 atau 9 %. Proses pembelajaran makin meningkat pada siklus 2 dengan peningkatan rata-rata skor menjadi 60 atau dengan kata lain meningkat 9 atau 15%. Penggunaan media Power Point juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siawa dalam konsep organisasi kihidupan, peningkatan rata-rata skor dari 57,62 pada pra tindakan menjadi 71,75 pada siklus 1 atau dengan kata lain hasil belajar siswa meningkat 14,13 atau 32,5 %. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran makin meningkat pada siklus 2 dengan peningkatan rata-rata menjadi 78,46 atau dengan kata lain meningkat 6,71 atau 35%. Demikian pula siswa merespon dengan baik penggunaan media Power Point. Hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa yang menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam kegiatan proses pembelajaran melalui tindakan penggunaan media Power Point pada pertemuan dan siklus ke siklus menunjukkan kemajuan dan peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar  76,37 meningkat sebesar 5,62. % menjadi 16,13 .% pada siklus  2.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. Suharsimi ,(2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik Jakarta : Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Huda,Miftahul.(2011).Cooperative Learning.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa DEPDIKBUD. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Muchlas Samani. (1996). Keterampilan Kooperatif. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Nani Sumarni. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Bandung : Departemen Pendidikan Nasional

Taniredja,Tukiran;Pujiati, Irma;Nyata;(2010) . Penelitian Tindakan Kelas untuk pengenbangan profesi guru praktik.praktis dan mudah.Bandung:Alfabeta

Yudhistira, D. (2016). Menyusun Karya Tulis Ilmiah Yang Memenuhi

kriteria “ APIK”.Makalah disampaikan pada Forum Ilmiah Workshop Penyusunan KTI Pengembangan Profesi Berbasis PTK Bagi Guru,Pengawas,Kepala SMP-SMA-SMK di lingkungan Dinas Pendidikan kota Tasikmalaya,22 Desember 2006.

Yudhistira, D. (2012).Menyusun Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Yang Memenuhi Kriteria “APIK”.Ciamis:CV.Mulya Abadi.

Wasis (2008). Ilmu Pengetahuan Alam Jilid 1 untuk SMP dan MTs Kelas VII, Pusat Perbukaan Departemen Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i3.1533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: