PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN

Toni Husni Taupik

Abstract


         Dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika selama ini masih dilaksanakan secara konvensional seperti ekspositori atau ceramah sehingga anak cenderung pasif dan hanya menerima materi saja, anak kurang aktif dan tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga hasil yang dicapai kurang memuaskan. “Guru sering kecewa melihat hasil ulangan pada pembelajaran materi lingkaran dengan rata-rata nilai 64, karena Kriteria Ketuntasan Minimal Matematika di Kelas VIII-H SMP Negeri 20 Tasikmalaya sebesar 75”. Berdasarkan temuan di lapangan tersebut, ternyata selama ini pembelajaran Matematika kurang dapat mengaktifkan siswa dan kurang menantang, siswa hanya menerima informasi, siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan tidak dilibatkan dalam menemukan sendiri dalam memahami materi lingkaran, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar baik latihan di sekolah maupun di rumah umumnya. Salah satu faktor penyebab masalah di atas diantaranya guru belum menggunakan metode yang tepat, sehingga proses pembelajaran kurang efektif dan efisien, serta pengaruh karakteristik siswa. Tujuan penelitian secara umum yaitu untuk meningkatkan prestasi atau hasil pembelajaran Matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi lingkaran di Kelas VIII-H SMP Negeri 20 Tasikmalaya rangpari melalui penggunaan metode Problem Based Learning (N= 38). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK),Simpulan yang diperoleh berdasarkan pembahasan hasil penelitian, adalah sebagai barikut: Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran Matematika tentang materi lingkaran melalui metode Problem Based Learning mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 69,3, pada siklus II meningkat menjadi 74,3.

Full Text:

PDF

References


Dini R. 2005. Pengantar Dasar Matematika. Diktat Program Studi Matematika Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Dimyati, Mudjiono. 1998. Belajar Pembelajaran. Jakarta : Asdi Mahasatya.

Milyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004 ( Panduan Pembelajaran KBK ). Bandung : Rosdakarya.

Nurhadi, Yasin BY, Senduk AG. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan dalam KBK. Malang : Universitas Pendidikan Indonesia.

PPGM. 1999. Pembelajaran Matematika Yang Aktif dan Efektif. Yogyakarta : Pusat Pengembangan Penataran Guru

Riki Suliana. 2005. Dasar – dasar dan Proses Pembelajaran. Tasikmalaya Program Studi Matematika Unsil Tasikmalaya

Suryabrata S, 1984. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Rajawali Pers

.Suryabrata S, 2003. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Rajawali Pers.

Soesianto F, Dwijono D. 2003. Lingkaran Proposisional. Yogyakarta : Andi.

Tim Penyusun Intan Pariwara, 2004. Matematika Untuk SMP Jilid 1a. Klaten. Intan Pariwara ( 3 – 32 )

Wirodikusumo, Sartono. 2004. Matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga (123 – 189)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i4.1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: