PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK CLUSTERING DENGAN MEDIA FOTO JURNALISTIK

Anilia Dewiyani

Abstract


Berdasarkan observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa kemampuan menulis  puisi  siswa  kelas  IX-F SMP Negeri 4 Tasikmalaya masih  kurang.  Kurangnya kemampuan  siswa  dalam menulis  puisi disebabkan  oleh tiga  faktor yaitu  faktor  dari  guru,  siswa,  dan  lingkungan.  Faktor  dari  guru  yaitu  kurangnya penggunaan  teknik  dan  media  yang  bervariasi  dalam  pembelajaran  menulis. Faktor  dari  siswa  yaitu  siswa  merasa  kesulitan  untuk  mengungkapkan  ide-ide yang  ada  dalam  pikiran  mereka,  kesulitan  menemukan  kata  yang  sesuai  untuk dirangkai  menjadi  puisi,  dan  kesulitan  untuk  berimajinasi.  Adapun  faktor  dari lingkungan yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah  peningkatan kemampuan  menulis  puisi  siswa  kelas  IX-F SMP Negeri 4 Tasikmalaya  setelah  dilakukan  pembelajaran  melalui  teknik clustering dengan  media  foto  jurnalistik; dan  (2)  bagaimanakah  perubahan perilaku  siswa kelas  IX-F SMP Negeri 4 Tasikmalaya  dalam  pembelajaran  menulis  puisi menggunakan teknik clustering dengan media foto jurnalistik. Penelitian  ini  menggunakan  desain  penelitian  tindakan  kelas  yang dilakukan  dalam  dua  tahap,  yaitu  siklus I,  dan  siklus  II dengan  subjek  penelitian siswa  kelas IX-F SMP Negeri 4 Tasikmalaya.  Pengumpulan  data  dilakukan dengan menggunakan  teknik  tes  dan  nontes.  Data  nontes  diperoleh  dari  observasi, wawancara, catatan harian siswa, jurnal guru, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Simpulan penelitian ini adalah adanya  peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas IX-F SMP Negeri 4 Tasikmalaya melalui teknik clustering dengan  media  foto  jurnalistik.  Nilai  rata-rata kelas  pada siklus  I  69,64  dengan kategori  cukup  baik. Selanjutnya  pada  siklus  II  nilai  rata-rata  kelas  meningkat menjadi  76,00 dengan peningkatan  sebesar  6,36  %  dan  termasuk  kategori  baik. Setelah siswa menggunakan teknik clustering dengan media foto jurnalistik untuk menulis  puisi terjadi  perubahan  tingkah  laku  siswa.  Siswa  yang  sebelumnya merasa kurang  antusias  terhadap  pembelajaran menulis  puisi menjadi  antusias, senang, dan tertarik setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan  hasil  penelitian  tersebut,  penulis menyarankan  kepada  guru agar pembelajaran melalui  teknik clustering dengan  media  foto  jurnalistik dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk mengajar materi lain. Bagi peneliti disarankan agar melakukan penelitian serupa tetapi dengan teknik pembelajaran yang lain. 

Full Text:

PDF

References


Alfiah, dan Yunarko Budi Santosa. 2009. Pengajaran Puisi: Sebuah Penelitian Tindakan Kelas‖. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra‖. Bandung: Sinar Algesindo.

Baribin, Raminah. 1990. Teori dan Apresiasi Puisi‖. Semarang: IKIP Semarang Press.

DePorter, Bobbi, dan Mike hernacki. 2002. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan‖ diterjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

DePorter, Bobbi, Mark DePorter, dan Sarah Singer-Nourie. 2008. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Djojosuroto, Kinayati. 2006. Pengajaran Puisi: Analisis dan Pemahaman. Bandung: Nuansa

Jabrohim, Chairul Anwar, Suminto A. Sayuti. 2003. ―Cara Menulis Kreatif‖. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa‖. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Krisbiono, Agus Dias. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Poster pada Siswa Kelas VII E SMP N 3 Larangan Brebes. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Tidak dipublikasikan.

Magee,Wes. 2008. Asyiknya Menulis Puisi‖. Solo: Tiga Serangkai.

Mahardhika, Bagus Setya. 2007. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bertema Patriotik dengan Media Lagu pada Siswa Kelas IX-F di SMPN 1 Campur darat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa. Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Tidak dipublikasikan.

Nurudin. 2007. Dasar-Dasar Penulisan‖. Malang: UMM. Pradopo, Rakhmat Djoko. 1990. Pengkajian Puisi: Analisis Strata Norma dan




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i4.1544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: