MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA REPORT TEXT DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING

Pudin Hidayat

Abstract


Rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan metode speed reading dapat meningkatkan kemampuan siswa  dalam membaca report text”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode speed reading  sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca report text. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observation), refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi kepada siswa dan observasi guru dan tes hasil belajar  siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Kemampuan guru dalam membuat rencana pembelajaran terjadi peningkatan tindakan pertama mendapat mendapat skor rata-rata 3 atau 75%. Sedangkan rencana pembelajaran tindakan kedua memperolah skor rata-rata 3,4 atau 85% dan siklus III skor rata-rata 4 atau 100%; (2) Aktivitas guru Skor rata-rata pada tindakan pertama adalah 2,5 atau 62,5%. Tindakan kedua mendapat skor rata-rata 3,25 atau 81,25% dan  tindakan ketiga skor rata-rata 4 (100%); (3)  Penggunaan metode speed reading dapat meningkatkan hasil belajar siswa, peningkatan rata-rata dari 64,3 atau 64,3%, pada tindakan kedua sebesar 73,04 atau 73,04% dan tindakan ketiga sebesar 86,9 atau 86,9%

Full Text:

PDF

References


Cholid, N, Achmadi, A. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pelayanan Profesional Kurikulum 2004 : Pembelajaran yang Efektif. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Depdiknas.

Faisal, S. (1982). Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Kasbolah, (1998). PTK. Jakarta Depdikbud.

Nasution, S. (1986). Didaktik Dan Azas-Azas Mengajarkan. Bandung : CV Jemmars.

Nasution, S. (1995). Pengembangan Kurikulum. Bandung : Citra Adhitya Bhakti.

Fathurrohman, P. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Aditama.

Poerwadarminto, W.J.S. (1986). Teknik-teknik Belajar Mengajar. Bandung : Jenmars

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ratna, Wilrs. D (1991). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Supriyadi. (1995). Materi Pokok Pendidikan Bahasa Ingris 2. Jakarta : Universitas Terbuka.

Tarigan, H.G. (1980). Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : IKIF Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i4.1551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: