PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IX-E SMP Negeri 20 Tasikmalaya)

Wiwin Widaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui peningkatkan pemahaman siswa pada materi Uang dan Lembaga Keuangan menggunakan model pembelajaran numbered head together (NHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas  2 siklus pembelajaran dengan langkah-langkah planning, actuating, observing,dan reflecting. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep berupa pilihan ganda dan lembar observasi. Proses belajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siklus 1 terlaksana sebesar 81,33% termasuk kategori baik dan meningkat pada siklus 2 sebesar 91,33 % termasuk kategori baik sekali. Aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus 1 meningkat pada kemampuan bertanya sebesar 32 % kategori kurang, menjawab pertanyaan 65 % kategori baik, mengemukakan gagasan 65 % kategori baik dan mengungkapkan pengetahuan awal 51 % kategori cukup. Kemudian meningkat lagi pada siklus 2 dengan kemampuan bertanya sebesar 51 % kategori cukup menjawab pertanyaan 84 % kategori sangat baik, mengemukakan gagasan 76 % kategori baik dan mengungkapkan pengetahuna awal 65 % kategori baik. Pemahaman siswa pada materi Uang dan Lembaga Keuangan meningkat dari nilai rata-rata hasil tes pra siklus 71.62 menjadi 81,62 pada siklus 1 dan lebih meningkat pada siklus 2 menjadi 88,11.Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran numbered head together (NHT) efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Uang dan Lembaga Keuangan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :PT Bumi Aksara.

Blog Media Pendidikan. (2014). ”Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)”. [Online]. Tersedia: http://blog.tp.ac.id/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-heads-together-nht. (19September 2014).

Bloom, B.S. Et.al (1979). Taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educationals Goals. London: Longman Group LTD

Dahar, R.W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta:Departemen pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Herdian, (2009). “Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together”. [Online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com/2014/09/19/model-pembelajaran-nht-numbered-head-together/. ( 19 September 2014)

Huda, M. (2009). Cooverative Learning Metode, Teknik dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Juanita, Y. (2009). Penetapan Model Pembelajaran Kooperatif Tpe Number Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa DEPDIKBUD. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahman.(2008). Model Mengajar dan Bahan Pembelajaran. Jatinangor: Alqa Prisma Interdelta

Saraswati, S.L. (2003). Upaya Menumbuhkan Keberanian Siswa SLTP Untuk Mengajukan Pertanyaan dan Mengemukakan Gagasan Melalui Model Latihan Inkuiri.Tesis Program Pasca Sarjana UPI: Tidak Diterbitkan.

Sutarto(2008). IPS untuk SMP / Mts Kelas IX: Pusat Perbukuan

Wiriaatmadja, R. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v6i1.2035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: