PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI INTERAKSI ANTARRUANG NEGARA-NEGARA DI BENUA ASIA DI KELAS IX.A SMPIT ISHLAHUL UMMAH TASIKMALAYA

Kakang Harudin

Abstract


Penelitian tindakan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dari materi interaksi antarruang negara-negara di Benua Asia. Padahal, materi ini sangat penting mengingat berbagai indikator ketertinggalan Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain di Benua Asia, bahkan di kawasan Asia Tenggara. PTK ini dilaksanakan pada Agustus s.d September2018. Subjeknya adalah siswa kelas IXA dan objek penelitian adalah kompetensi yang diupayakan peningkatan hasil belajarnya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data kuantitatif dan kulitatif dengan alat uji statistik deskriptif komparatif hasil pengamatan, wawancara, observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus.Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi kenaikan hasil belajar dari KBM siklus 1 yaitu nilai rata- rata kelas 75 menjadi nilai rata-rata 80. Aktivitas siswa dalam kegiatan edukatif meningkat dengan meningkatnya prosentase ketuntasan belajar dari 64% meningkat menjadi 100% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada rekan guru untuk mengimplementasikan berbagai teknik dari model pembelajaran kooperatif dalam kegiatan pembelajaran. Teknik-teknik dari model ini yang bisa digunakan diantaranya jigsaw, think-pair-share, three-step interview, numbered heads together dan team pair solo. Penggunaan masing-masing teknik ini disesuaikan dengan kondisi dan materi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdul Azis Wahab, M.A. (2017). Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Bandung : Alfa Beta

Arikunto, Suharsimi. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR). Dalam Arikunto, Suharsimi dkk. (Eds). Penelitian Tindakan Kelas (hlm. 1-41). Jakarta:Bumi Aksara.

Depdiknas a.2018. Pengembangan Model Pembelajaran CTL SMP. (CD KTSP SMP). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP Depdiknas.

Permendiknas No.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2015) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (2013) Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Shevin, Mara Saphon, Barbara J. Ayres, dan Janet Duncan.2011. Cooperative Learning and Inclusion. [Online] 15 September 2018. . Diakses 23 September 2018.

Sudrajat,Akhmad.2018. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. [Online] 12 September 2018. http://akhmadsudrajat.wordpress.com. Diakses tanggal 14 September 2018.

Http: http://edtech.kennesaw.edu/intech/cooperativelearning.htm diakses tanggal 5 September 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v6i2.2970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License