PENGGUNAAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA ARTIKEL

Ai Rustini Hernawati

Abstract


Kompetensi siswa yang ditingkatkan melalui Penelitian Tindakan Kelas ini adalah membaca artikel dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick  sehingga diharapkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui penggunaan model pembelajaran Talking Stick  dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca artikel. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini terdapat empat   teknik yaitu  pengamatan, tes,  dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Talking Stick  terbukti dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktifitas siswa dari prasiklus ke siklus 1  sebesar 33,34 atau meningkat sebesar 28,55% dan dari siklus 1 ke siklus 2  meningkat sebesar 13,67 atau meningkat sebesar      11,39 %.

Terdapat peningkatan proses belajar menggunakan model pembelajaran  Talking Stick   dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 0,8 atau meningkat  sebesar 20,5 % dan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0,78 atau meningkat sebesar 19,5 %. Terjadi peningkatan pada rata-rata nilai tes dari prasiklus  ke  siklus 1 pertemuan ke 1 sebesar 14,67 atau meningkat sebesar  22.56 % dan meningkat pada persentase siswa yang tuntas  sebesar 40 %. Dari siklus 1  ke siklus 2 terjadi peningkatan rata-rata  nilai sebesar 3,6 atau meningkat sebesar 3,2 %.Penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-H SMP Negeri 3  Tasikmalaya dalam membaca artikel.Pada umumnya siswa merespon dengan baik penggunaan model pembelajaran  Talking Stick 

 Kata Kunci: Hasil Belajar, Membaca Artikel, Model Pembelajaran, Talking Stick

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Supriyono (1990) Ahmadi dan Supriyono. 1990. Psikologi belajar. Solo: PT Rineka Cipta.

Basri, H. (2000). Remaja berkualitas: problematika remaja dan solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Drost, S.J. (1993). Menjadi pribadi dewasa dan mandiri. Yogyakarta: Kanisius

Elok Sudibyo, dkk, (2008). buku paket kelas 9 , Jakarta , Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional jakarta

Ibrahim, M.,Racmadiarti, F.,Nur,M.,dan Ismono. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:University Press.

Suparno, AS. (1998). Penelitian Tindakan Kelas, Makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional Instruktur PKG. Bogor: Depdikbud

Widyaningsih,T.S. (2008). Implementasi Teknik Two Stay Two Straydan Media Kartu Gambar Dalam Pembelajaran IPS Geografi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX F SMP Negeri Bangun Tapan. Laporan PTK.Tidak Diterbitkan.

Winkel, S.J.W.S. (1991). Psikologi pengajaran. Jakarta: PT Grasindo

Yamin, H.M. (2007). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi.Jakarta: Persada Press Hhtp/ www Sriudin.com Education Blog, 2 oktober 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v6i2.3049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License