ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI STRUKTUR CONTENT

Adun Rusyana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengukur kategori berpikir mahasiswa; (2)  menganalisis kemampuan mahasiswa dalam memahamai struktur content;(3) menguji pengaruh kategori berpikir terhadap pemahaman struktur content.  Subjek penelitian terdiri atas mahasiswa Prodi. Biologi semester VI pada salah satu PTS Swasta di wilayah Provinsi Jawa Barat tahun akademik 2019 (n=28). Metoda penelitian ini adalah deskriptif analitik dan uji korelasi bivariat. Simpulan penelitian ini adalah: (1) indeks berpikir subjek penelitian berada pada kisaran 1-2 (=superior berpikir kreatif); (2) secara umum mahasiswa superior berpikir kreatif berkemampuan memahami srtuktur content sebesar 34 % (judul content=40 %, struktur makro= 50%, struktur mikro= 35 %); (3) superior berpikir kreatif tidak berpengaruh terhadap pemahaman struktur content. Kata Kunci: Struktur Content, Superior Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Depdikbud-Ditejen Dikti (1983). Metodologi Penelitian-Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar. Jakarta: Depdikbud-Ditejen Dikti.

Meintjes, H.& Groser, M (2010). “Creative Thinking in Prospective Teachers: The Status Quo and the Impact of Contextual Factors”. South African Journal of Education. 30 (3)

Mergler, A. et al. (2009). “Teacher Educator Embrace Philosophy: Reflection s on a New Way of Looking at Preparing Pre-Service Teacher”. Australian Journal of Teacher Educataion. 34 (5).

Philips, A.C. (2009). “Teaching Critical Appraisal to Sport & Exercices Sciences and Biosciences and Biosciences Students” Research Artticle Bioscience Education. 14 (Desember).

Rusyana, A. (2014). Keterampilan Berpikir-Pedoman dan Acuan Para Peneliti Keterampilan Berpikir. Yogyakarta: Ombak




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v6i2.3052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: