PENGARUH MODEL CONTEXTUAL LEARNING PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN KELAS IV

Heri Hidayat, Alfan Siti Qurrotul Aini, Heny Mulyani, Arlin Sircahyati, Desi Nuraisyah

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the effect of the contextual teaching-learning model on citizenship education in Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan class IV. The contextual teaching-learning method helps teachers links material which is taught with students’ real-world situations. So, the knowledge which is obtained can be well embedded and not easily forgotten by the students. When the students find a concept, they experience it themselves through the process of observing, feeling, and experimenting. Therefore, this method will also attract the attention of the students because they feel directly in an environment that is familiar with their lives and can foster a love for their motherland and environment.

 

Keywords: contextual teaching-learning, citizenship education

 

ABSTRAK

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching learning pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan kelas IV, metode pembelajaran contextual teaching learning ini sebagai bentuk pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi di dunia nyata siswa. Maka pengetahuan yang diperoleh dapat tertanam dengan baik dan tidak mudah dilupakan oleh siswa. Karena saat menemukan suatu konsep mereka mengalami sendiri baik melalui proses mengamati, meraba, merasa, maupun bereksperimen. Sehingga metode ini juga menarik perhatian siswa karena siswa merasa dibawa langsung ke lingkungan yang telah akrab dengan kehidupannya dan dapat menumbuhkan kecintaan pada tanah air maupun lingkungannya.

 

Kata Kunci: contextual teaching learning, pendidikan kewarganegaraan

 


Full Text:

PDF

References


Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi perkembangan anak dan remaja. BPK Gunung Mulia.

Harudin, K. (2019). Penggunaan Metode Contextual Teaching Learning (Ctl) Tipe Emotional Quotient (Eq) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Interaksi Sosial Di Kelas Smpit Ishlahul Ummah Boarding School Tasikmalaya. Jurnal Wahana Pendidikan 4 (2), 86-98.

Kemendikbud. (2017). ebook Model-Model Pembelajaran di Sekolah. Modul Kuliah

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamial Learning Center

Oemar Hamalik. (2004). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi: Lampiran Standar Isi Pendidikan

Priyatni, Endah Tri. (2002). Penerapan Konsep Kontekstual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kumpulan Materi TOT CTL Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Jakarta: depdiknas.

Rhiezal. (2019). Ebook Model pembelajaran Contextual Teaching. Diktat Kuliah

Ruminiati. (2008). Pengembangan Pendidikan kewarganegaraan SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya. (2005). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Rafika Media

Sunarso. dkk. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: UNY Press




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v7i1.3079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License