PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPS BERSASIS BUKU CERITA MASYARAKAT ADAT KAMPUNG KUTA DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA SD DI KABUPATEN CIAMIS

Wulan Sondarika, Muhammad Bachrul Ulum, Enok Yuniar, Risna Andriyani

Abstract


ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the effectiveness of IPS-based learning media based on the storybook of the Kampung Kuta Indigenous Peoples in the management of natural resources to shape the character of elementary school students in Ciamis, Indonesia. This study was conducted using the Research and Development (R & D) method where the method emphasizes the final product produced of the study. The steps of the R & D research method are (a) potential and problems, (b) data collection, (c) product design, (d) design validation (e) use of the design (f) trial use, (g) product revisions, (h) trial use, (i) product revision, (j) mass product manufacturing. The results showed that the storybook of the Indigenous People of Kampung Kuta was able to provide a new model in terms of developing social studies learning media. Thus, the students have insight, positive character, and concern for their surrounding environment.

Keywords:     Storybook Based Learning Model, Kampung Kuta Indigenous Community, Management of Natural Resources, Forming Character

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis IPS berbasis buku cerita Masyarakat Adat Kampung Kuta dalam pengelolaan sumber daya alam untuk membentuk karakter siswa SD di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D Reasearch and Development dimana metode ini menekankan pada produk akhir yang dihasilkan dari penelitian. Adapun langkah-langkah metode penelitian R&D adalah (a) potensi dan masalah, (b) pengumpulan data, (c) desain produk, (d) validasi desain (e) pemakaian desain (f) uji coba pemakaian, (g) revisi produk, (h) uji coba pemakaian, (i) revisi produk, (j) pembuatan produk masal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan buku cerita Mayarakat Adat Kampung Kuta mampu memberikan warna baru dalam hal pengembangan media pembelajaran IPS sehingga siswa memiliki wawasan, karakter positif, dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Kata Kunci:    Model Pembelajaran Bersasis Buku Cerita, Masyarakat Adat Kampung Kuta, Pengelolaan Sumber Daya Alam, Membentuk Karakter


Full Text:

PDF

References


Aulia, T. O. S., & Dharmawan, A. H. (2010). Kearifan lokal dalam pengelolaan sumberdaya air di Kampung Kuta. Sodality: Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia, 4(3), 345-355.

Davis, G. F., & Greve, H. R. (1997). Corporate elite networks and governance changes in the 1980s. American journal of sociology, 103(1), 1-37.

Faizah, U. (2009). Keefektifan cerita bergambar untuk pendidikan nilai dan keterampilan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Hidayat. (2011). Pengelolaan sumberdaya alam berbasis kelembagaan lokal. Jurnal Sejarah CITRA LEKHA, Vol. XV, No. 1 Februari 2011. Hal 19-32. Pada tanggal 31 Oktober 2018

Himpunan Perundang-undangan RI tentang Guru dan Dosen. 2006. CV. Nuansa Aulia: Bandung)

Sahlan. (2012). Kearifan lokal masyarakat Tau Taa Wana Bulang dalam mengkonservasi hutan di Provinsi Sulawesi Tengah. MIMBAR HUKUM, Volume 24, Nomor 2, Juni 2012. Hal 187-375. Pada tanggal 31 Oktober 2018

Sondarika, W., & Ratih, D. (2019). Pembelajaran Sejarah Dalam Mengembangkan Green Behavior Peserta Didik Melalui Nilai-Nilai Kearipan Lokal Hutan Lindung Situ Lengkong Panjalu. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(2), 24-41.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Suparmini, Sriadi Setyawati, dan Dyah Respati Suryo Sumunar. (2013). “Pelestarian lingkungan masyarakat Baduy berbasis kearifan local” Humaniora, Vol. 18, No.1, April 2013. Hal 8-22. Pada tanggal 31 Oktober 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v7i1.3215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License