MODEL PENDIDIKAN NILAI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MASYARAKAT PENGANUT KEPERCAYAAN SUNDA WIWITAN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Cruickshank, Jenkin, D.B., & Metcalf. K. (2006). The act of Teaching. New York: Mc Graw Hill.
Dick, W, Carey, L dan Carey, J.O. (2005). The Systematic Design of Instruction. New York : Pearson.
Garna, Judistira. (1994). “Masyarakat Tradisional Banten dan Upaya Pelestarian Nilai-Nilai Budaya”, Makalah Seminar Puncak-Puncak Perkembangan Warisan Budaya Banten, Forum Ilmiah Festival Banten 1994. Serang, 28-29 Agustus 1994.
Hasan, S. H. (2003). Problematika Pendidikan Sejarah. Bandung: FPIPS UPI.
Hasanah, Aan. Dkk. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Sunda Untuk Mengembangkan Life Skill Siswa Madrasah (Penelitian Pada Madrasah Aliyah Di Kota Bandung). Bandung: Penelitian Kompetitif Kolektif Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Islam RI.
Hasanah, Aan. (2012). “Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Minoritas ( Studi Atas Kearifan Lokal Masyarakat Adat Suku Baduy Banten)”. Analisis. XII, (1), 209-228.
Indrawardana, Ira. (2014). “Berketuhanan Dalam Perspektif Kepercayaan Sunda Wiwitan”. Melintas, 30, (1), Hlm 109.
Kartakusuma, Richadiana (2006) ‘Situs (Kabuyutan) Kawali di Ciamis, Jawa Barat: Ajaran Sunda di dalam TatananTradisi Megalitik’, dalam Rosidi, Ajip dkk. (ed.) Prosiding Konferensi Internasional Budaya Sunda.
Khan, D. Yahya. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta :
Pelangi Publising.
KIBS. (2006). Jilid 1. Bandung: Yayasan Kebudayaan Rancage.
Pribadi, Benny. (2009). Pendekatan Konstruktivisme Dalam Kegiatan Pembelajaran. Makalah telah disampaikan pada seminar Seamolec. IP FKIP-UT
Rasyid, Hatamar. (2015). “Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Di Era Global”. Edugama. 01, (01), 1-31.
Sariyatun. (2013). “Pengembangan Model Pendidikan Nilai-Nilai Budaya di SMP Berbasis Seni Batik Di Surakarta”. Paramita. 23, (2), 230-241.
Sirnayatin, Ariska, Titin. (2017). “Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah”. Jurnal SAP. I, (03), 313.
Sondarika, W., & Ratih, D. (2019). Pembelajaran Sejarah Dalam Mengembangkan Green Behavior Peserta Didik Melalui Nilai-Nilai Kearipan Lokal Hutan Lindung Situ Lengkong Panjalu. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(2), 24-41.
Sumarmi dan Amirudin. (2016). “Kearifan Lokal Dalam Melestarikan Lingkungan Hidup (Studi Kasus Masyarakat Adat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi)”. Jurnal Pendidikan. 1, (4), 727.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v7i1.3272
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: