MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Ita Sarinarulita

Abstract


   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Model Quantum Teaching  sebagai upaya  untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan yaitu perencanaan (planning), Pelaksanaan (Acting), Observasi (Observation), dan Refleksi(Reflecting). Objek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 20 Tasikmalaya (N= 37). Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan proses pembelajaran, aktivitas siswa, tes hasil belajar siswa dan pengisian angket.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan Model Quantum Teaching  terbukti dapat meningkatkan hasil belajar  siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pra tindakan. Proses belajar pada siklus I  meningkat sebesar 9% menjadi  84% pada siklus II meningkat sebesar 7% menjadi 91% pada akhir siklus III. Hasil belajar dan kemampuan siswa pada siklus I sebesar 79,79% meningkat sebesar 1,76% menjadi 81,55% pada siklus II. Demikian pula, hasil belajar dan kemampuan siswa pada siklus II meningkat sebesar 0,83% menjadi 82,38% pada siklus III. Pada umumnya siswa merespon dengan baik penggunaan Model Quantum Teaching. 


Full Text:

PDF

References


Arikunto. Suharsimi ,(2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik

Jakarta : Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Huda,Miftahul.(2011).Cooperative Learning.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa DEPDIKBUD. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Muchlas Samani. (1996). Keterampilan Kooperatif. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Nani Sumarni. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Bandung : Departemen Pendidikan Nasional

Taniredja,Tukiran;Pujiati, Irma;Nyata;(2010) . Penelitian Tindakan Kelas untuk pengenbangan profesi guru praktik.praktis dan mudah.Bandung:Alfabeta

Wono Setyo Budhi, Ph.D( 2008). Matematika 2B .untuk SMP Kelas VIII Semester 2 Penerbit Erlangga. Hal. 35 – 41

Yudhistira, D. (2010). Menyusun Karya Tulis Ilmiah Yang Memenuhi kriteria “ APIK”.Makalah disampaikan pada Forum Ilmiah Workshop Penyusunan KTI Pengembangan Profesi Berbasis PTK Bagi Guru,Pengawas,Kepala SMP-SMA-SMK di lingkungan Dinas Pendidikan kota Tasikmalaya,22 Desember 2006.

Yudhistira, D. (2010).Menyusun Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Yang Memenuhi Kriteria “APIK”.Ciamis:CV.Mulya Abadi.

Nuniek Avianti Agus( 2009). Mudah Belajar Matematika 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal. 142 – 146




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i3.1538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License