ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PJKR S1 UNIVERSITAS GALUH

Gani Kardani

Abstract


Banyak faktor yang dapat menunjang keberhasilan suatu proses pendidikan salah-satunya  adalah  pengembangan kurikulum yang erat kaitan dengan mahasiswa, karakeristik kurikulum dan propesional dosen. Adapun tujuan penelitian ini  untuk meng-analisis profil mahasiswa PJKR S1  FKIP UNIGAL, gambaran karakteristik kurikulum PJKR S1 FIK UNIGAL, serta mata kuliah yang sangat penting di kuasai untuk bekal menjadi seorang guru pendidikan jasmani . Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi PJKR S1  FIK UNIGAL dengan jumlah sampel penelitian 50 orang yang dipilih secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan menggunakan persentase.Berdasarkan dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa kesenangan para mahasiswa untuk berolahraga sewaktu masih duduk di bangku sekolah sebanyak 90%, menjadi modal mereka untuk mengikuti perkuliahan khususnya dalam mata kuliah praktek yang persentasenya sekitar 60%. Gambaran karakteristik kurikulum PJKR S1  FIK UNIGAL yang lebih dominan adalah mata kuliah praktek cabang olahraga yang berorientasi kepada pendekatan metode bermain melalui modifikasi peraturan dan sarana prasarana. Mata kuliah yang sangat penting di kuasai untuk bekal menjadi seorang guru pendidikan jasmani  yakni lebih dominan memilih mata kuliah yang berkaitan langsung dengan karakteristik Kurikulum yang ada disekolah .

 

Kata kunci:    Analisis, pengembangan, kurikulum, dan pendidikan jasmani.


Full Text:

Download PDF

References


_______. 1990. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

_______. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ahmad, Rusly. 1989. Perencanaan dan Desain Kurikulum dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud.

Ali, M. 1984. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Sinar Baru.

Dakir. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gagne, Robert M. 1988. Prinsip-Prinsip Belajar Untuk Pengajaran (Essential of Learning for Intstruction) Alih bahasa Abdillah Hanafi dan Abdul Manan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lutan, Rusli., dkk. 2002. Supervisi Pendidikan Jasmani (Konsep dan Praktik). Jakarta: Depdiknas.

McNeil, John D. 1990. Curriculum a Comprehensive Introduction, Fourth Edition, London, England, Foresman/Littlem Brown Higher Education. A Division & Illionois.

Munir, M.IT. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nasution, S. 1995. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Print, Murray. 1993. Curriculum Development and Design. Sydney: Allen and Unwin.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Jakarta: Litera Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran (Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saylor, J.G., Alexander, W.M., dan A.J. Lewis. 1981. Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. New York: Holt Renehart and Winston.

Sriyono, dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i1.384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 081322565388

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License