RANCANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) DALAM RANGKA PENYELARASAN KESEJAHTERAAN GURU DENGAN KUALITAS PENDIDIKAN YANG DIBERIKAN

Andri Sahata Sitanggang, Irwansyah Irwansyah, Muhammad Agy Nurwicaksono, Mugia Miftahul Choir, Sultan Muhammad Bolkiah, Yoga Setya Novansa

Abstract


Penelitian ini menjelaskan bahwa peningkatan kesejahteraan guru memiliki relevansi terhadap kualitas pendidikan jika diimbangi oleh suatu sistem penilaian yang dapat diandalkan. Salah satu masalah pendidikan yang dihadapi oleh Indonesia terletak pada rendahnya mutu pendidikan yang diberikan oleh guru. Tidak meratanya kesejahteraan guru berdampak pada kualitas pendidikan yang diberikan. Contohnya, ada guru yang memiliki jaminan kesejahteraan yang tinggi, namun kualitas pengajaran yang diberikan kurang baik. Sedangkan guru yang mempunyai kualitas pengajaran baik, memiliki jaminan kesejahteraan yang relatif rendah. Ini menjadi dilema yang akhirnya mendorong guru untuk mengejar kesejahteraan pribadi tanpa mempedulikan kualitas pengajaran yang mereka berikan. Ini berakibat pada kesenjangan pendidikan, dimana pendidikan berkualitas tinggi umumnya berada pada sekolah yang menawarkan kesejahteraan tinggi bagi para guru-nya. Sehingga, sekolah yang memiliki keterbatasan dana tidak dapat merasakan pendidikan yang baik tersebut. Hal ini diakibatkan sistem penilaian kinerja yang salah guna dimana poin-poin penilaian yang terkandung hanya berfokus pada gelar, jumlah sertifikasi, dan pelatihan yang guru tersebut dapatkan, namun mengesampingkan kinerja pengajaran yang diberikan. Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan sistem Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang dapat diandalkan dalam peningkatan kualitas pendidikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan suatu rancangan sistem PKG yang lebih akurat dan dapat memberikan jaminan kesejahteraan yang relevan dengan kinerjanya.

Keywords


penilaian kinerja guru, sistem asesmen, kesejahteraan guru

References


Adlini, M., Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Ahmad, L. I. (2017). Konsep penilaian kinerja guru dan faktor yang mempengaruhinya.

Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 133-142.

Anshori, S. (2020). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru melalui Pemberian Reward dan Punishment di SDN 3 Wonoharjo Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 53-58.

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 16(1), 78-92.

Darmadi, H. (2016). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.

Dhaifullah, I., Salsabila, A., & Yakin, M. (2022). Survei Teknik Pengujian Software.

Journal Automation Computer Information System (JACIS), 2(1), 31-38.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (the programme for international student assesment): upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 30-41.

Mubin, F., & Roziqin, A. (2018). Meritocracy of Bureaucracy in Indonesia. International Journal of Social Science and Humanity, 8(8), 241-246.

Nur, H., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 1(1), 12-16.

Purba, R., Rukmi, A., & Irawan, M. (2013). Rancang Bangun Sistem Penilaian Kinerja Guru Berbasis Aplikasi Web. Jurnal Sains dan Seni POMITS, 2(1), 1-6.

Rakasiwi, S. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 9(2), 1001-1008.

Ramadhan, Y., Sharyanto, S., & Ramos, S. (2022). Rancang bangun aplikasi penilaian kinerja guru berbasis web. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, 2(1), 176- 183.

Rosaliza, M. (2015). Wawancara, Sebuah interaksi komunikasi dalam penelitian kualitatif.

Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 71-79.

Sitanggang, A. (2018). Sistem Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Jurusan Menggunakan Metode Eksponensial (Mpe) Di Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta Di Jawa Barat. Petir: Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika, 10(1), 10-18.

Sujarwo, S. (2013). Pendidikan Di Indonesia Memprihatinkan. Jurnal Ilmiah WUNY, 15(1).

Wibowo, K. (2015). Analisa Konsep Object Oriented Programming Pada Bahasa Pemrograman PHP. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2), 151-159.

Yayat, Y. (2021). Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengajar Melalui Supervisi Klinis Di SD Negeri Sukasari Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Jurnal Wahana Pendidikan, 8(1), 61-68.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i2.7910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: