ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN KIMIA

dede rohayah

Abstract


Dalam belajar kimia, kemampuan pemecahan masalah sangat diperlukan, pembelajaran kimia pada peserta didik diharapkan tidak hanya untuk menguasai konsep tetapi juga menerapkan konsep yang telah mereka pahami dalam penyelesaian masalah kimia. Namun, pembelajaran dalam kelas cenderung menekankan pada penguasaan konsep dan mengesampingkan kemampuan pemecahan masalah kimia peserta didik. Pada pembelajaran kimia, kemampuan menyelesaikan masalah peserta didik masih tergolong rendah. Peserta didik mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan permasalahan yang kompleks. Maka penulis Menyusun analisis kemmapuan pemecahan masalah pada pembeljaran kimia dengan rumusan masalah: Bagaimana kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki peserta didik dalam mengahadapi soal kimia? Bagaimana Tindakan yang harus dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan pemecahan masalah peserta didik dalam memecahkan soal kimia? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian deskriptif kualitatif, dengan subyek Penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Karangnunggal dengan  jumlah total 36 orang  siswa.Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa Peserta didik mengalami kesulitan belajar kimia dalam menyelesaikan permasalahan pada soal sebesar 32%, kesulitan memahami konsep dan rumus sebesar 26%, kesulitan menggunakan persamaan atau rumus dalam soal sebesar 18%, kesulitan menganalisis grafik dan gambar sebesar 17%, dan kesulitan menyimpulkan materi yang telah dipelajari sebesar 7%. Kesulitan tersebut terlihat ketika peserta didik memecahkan permasalahan pada soal kinematika serta suhu dan kalor. Peserta didik mengalami kesulitan pemecahan masalah kimia, diperoleh dari hasil angket, bahwa 76% peserta didik mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan pada soal dengan alasan lupa atau tidak paham, sebesar 19% peserta didik kurang memahami solusi pemecahan masalah pada soal, dan sebesar 5% peserta didik mampu memecahkan permasalahan pada soal.

Keywords


Kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran kimia

References


Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Rupa Aksara.

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Rupa Aksara.

Astin, A. W. (1993). Assessment for Excellence the Philosophy and Ppractice of Assessment and Evaluation Higher Education. New York: The Oryx Press.

Dale H. Schunk (2012). Learning Theories: an Educational Perspective (Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dimyati M. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali, Puji Mulyono, dan Ramly. 2000. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPs UNJ.

Hakim T. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hardhienata H. ( 2007). Kenapa Fisika Menjadi Momok. Bandung : Alfabeta.

Ikhwanuddin JA dan Purwantoro D. (2010). Problem Solving dalam Pembelajaran kimia untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Berpikir Analitis. Jurnal Kependidikan.

Purwanto, M.N. (2001). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusilowati, A. (2006). Profil Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan kelistrikan Siswa SMA di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 4 (2), 100-106

Sozbilir, Mustofa. (2003). A Review Of Selected Literature On Student’s Misconception Of Heat And Temperature. Journal of Education Vol. 20(1)

Sri Rumini, dkk. (1993). Tim Psikologi Pendidikan. FIP. IKIP Yogyakarta.

Widhiharto. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Depdiknas.

Wijayanto. 2009. Terjebak Rutinitas Fisika Jadi Membosankan, Universitas NegeriSemarang,http://www.fisi kanet.lipi.go.id/utama.cgi?cetak artikel&1262401114 [10 Januari 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i2.8243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: