PENGGUNAAN DEIKSIS PERSONA DALAM NOVEL PADA SENJA YANG MEMBAWAMU PERGI KARYA BOY CANDRA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA

Rizqi Wahyu Ramadhani, Syamsul Anwar, Leli Triana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan deiksis persona dalam novel Pada Senja yang Membawamu Pergi Karya Boy Candra dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wacana pada novel Pada Senja yang Membawamu Pergi Karya Boy Candra. Berdasarkan data yang diperoleh dalam novel Pada Senja yang Membawamu Pergi Karya Boy Candra dapat ditemukan deiksis persona yang ditemukan dari kalimat-kalimat dalam novel Pada Senja yang Membawamu Pergi Karya Boy Candra berjumlah 190 data. Deiksis persona dalam novel Pada Senja yang Membawamu Pergi Karya Boy Candra memiliki implikasi dalam pembelajaran sastra di sekolah. Temuan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan bagi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XII semester 2 pada materi pokok menginterpretasi makna teks novel. Adapun saran yang dapat diajukan untuk guru Bahasa Indonesia diharapkan dapat manfaatkan novel tidak hanya dalam pembelajaran sastra saja, namun dapat digunakan pula sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia dalam hal penggunaan deiksis yang dikembangkan menjadi pemilihan kata sehingga dapat diimplikasikan pada pembelajaran menulis.

Keywords


Deiksis Persona; Novel Senja yang Membawamu Pergi; Implikasinya

References


Darma, Y. A. (2014). Analisis Wacana Kritis Dalam Multiperspektif. Bandung: Pt. Refika Aditama.

Djajasudarma, F. (2010). Wacana Dan Pragmatik. Bandung: Refika Aditama

Hermaji, Bowo. (2016).Teori Dan Metode Sosiolinguistik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Kurniawan, S. E. (2012). Penggunaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Ibu Pada Anak Usia 1-5 Tahun Di Desa Manggal, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nores, W., Nurjamilah, A. S., & Ertinawati, Y. (2017). Analisis Tindak Tutur Pemasar Asuransi Kepada Nasabah Ditinjau Dari Perspektif Pragmatik. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 3(2).

Nurgiyantoro. (2014). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Safitri, Silfiana. 2017. Analisis Gaya Bahasa pada Novel Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer karya Pramoedya Ananta Toer. Skripsi. FKIP. UMP Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.8262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: