PENERAPAN EKONOMI SIRKULAR PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) DI SMK PUSAT KEUNGGULAN

Aan Rosydiana

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskriksikan bagaimana penerapan sirkular ekonomi pada Badan Layanan Umum Daerah  di SMK Negeri 2 Ciamis. Mengingat  pentingnya implementasi ekonomi sirkular pada BLUD untuk mendukung program pemerintah sesuai dengan master plan implementasi ekonomi sirkular hingga tahun 2025. Penelitian ini penting dilakukan karena keberadaan BLUD diarahkan pada pengembangan pembelajaran berbasis industri. Oleh karena itu, model administrasi BLUD harus dikenal sebagai model  lembaga  lain yang ingin mencapai status ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena sifatnya yang studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis ini menggunakan konsep dasar analisis  Miles dan Huberman. Kesimpulan dari penelitian ini : Implementasi sirkular ekonomi dalam mejalankan BLUD memberikan kejelasan dalam perencanaan dan penganggaran oleh sekolah sehingga dapat memaksimalkan pendapatan yang diterima agar bisa memberikan kesejahteraan terhadap warga sekolah dengan adanya pemberian remunerasi berupa pemberian gaji, honorarium, tunjangan tetap, insentif, bonus atas prestasi, pesangon, dan/atau pensiun dengan berorientasi pencapaian sasaran kerja dan kinerja sesuai jabatan yang diembannya.  Pengelolaan lingkungan dan limbah di Lingkungan Sekolah menerapkan prinsip Reduce dengan Mengurangi penggunaan energi, Reuse dengan menggunakan bersama-sama aset yang ada, Recycle dengan menggunakan kembali material yang ada, Recovery dengan memanufaktur ulang produk atau komponen serta Repair dengan mengganti kemasan plastik dengan yang berbasis kertas.

Keywords


Ekonomi Sirkular; BLUD; SMK; Pusat Keunggulan

References


Alijoyo, F. Antonius, and Al Fattaah M. S. Fisabilillah. 2021. “Risk Management Implementation in Public Sector Organizations-Global Phenomena.” International Journal of Current Science Research and Review 04 (03): 195–202. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V4-i3-07.

Asih, N.W.P., Yudana, I.M. & Sunu, I.G.K.A. (2014). Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMK Teknologi Nasional Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(1).

Bakrun, M and Khurniawan, Arie Wibowo and Widjajanti, Chrismi. 2019. Panduan tata kelola BLUD SMK berbasis good school governance. Project Report. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta.

Direktorat Pembinaan SMK. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS SMK Dengan menggunakan teknik analytics Hierarchy Process (AHP). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Ghufron, A., Suwarna, Sudiyatno, Sunarto, S., Andayani, S., Setiadi, B. R., & Ismara, K. I. (2019). Modernisasi Bengkel Laboratorium Kejuruan Abad 21. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Hazami, A. (2018). Mendikbud Dorong SMK Se-Indonesia Melek Teaching Factory. Diakses dari https://news.detik.com/ pada tanggal 6 Mei 2019.

Indrayani, L. (2021). KONSEP CIRCULAR ECONOMY UNTUK MEWUJUDKAN INDUSTRI BATIK YANG BERKELANJUTAN. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik, 3(1), E.03 1-8. Retrieved from https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/140.

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis, 2 ed. Sage Publications. London

R. Merli, M. Preziosi, and A. Acampora. 2018. ‘How do scholars approach the circular economy? A systematic literature review’. J. Clean. Prod., vol. 178, pp. 703–722. doi: 10.1016/j.jclepro.2017.12.112.

Slamet PH. (2009). Peranan Pendidikan Vokasional Dalam Pembangunan Ekonomi. Cakrawala Pendidikan No. 2 (2011): Cakrawala Pendidikan Mei 2011 Edisi Khusus Dies Natalis, 189-203.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.8599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: