PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS CERITA RAKYAT KARAWANG SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP AL MUHAJIRIN TEGALWARU

Ahmad Abdul Karim, Sahlan Mujtaba, Dian Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar teks cerita rakyat, serta mendeskripsikan kelayakan dan efektivitas bahan ajar pada peserta didik kelas VII SMP Al Muhajirin Tegalwaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Peneliti mengadaptasi dan melakukan penyederhanaan terhadap langkah-langkah penelitian Borg & Gall. Sumber data penelitian diperoleh melalui wawancara dan survei terhadap guru, dosen, dan peserta didik. Data yang terkumpul dievaluasi menggunakan statistik deskriptif. Hasil validasi dari guru bahasa Indonesia diperoleh skor rata-rata 3,88 dari aspek isi/materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan dengan persentase 97%. Sementara hasil validasi dari dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diperoleh skor rata-rata 3,6 dari aspek isi/materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan dengan persentase 90%. Setelah produk yang dikembangkan memasuki tahap revisi, dilakukanlah uji coba terhadap 30 orang peserta didik kelas VII SMP Al Muhajirin Tegalwaru. Perolehan skor empat aspek yang diuji ialah 3,92 dengan capaian persentase 98%. Berdasarkan uji lapangan, produk bahan ajar berbasis cerita rakyat Karawang telah memenuhi kriteria dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


bahan ajar, cerita rakyat karawang

References


Alifah, D. R., Doyin, M., & Sumartini, S. (2019). Sikap Masyarakat Dusun Blorong Terhadap Mitos Dalam Cerita Rakyat Asal Mula Dusun Blorong Desa Kaligading Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Jurnal Sastra Indonesia, 7(1), 55–61. https://doi.org/10.15294/jsi.v7i1.29817

Amir, A. (2020). Sastra Lisan Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Annisa, M., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. BINTANG, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Buulolo, B., Suriani, I., & S. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SASTRA BERBASIS CERITA RAKYAT MASYARAKAT NIAS [Development of Literature Teaching Based on Nias Traditional Story]. Totobuang, 9(1), 61–74. https://doi.org/10.26499/ttbng.v9i1.291

Damayanti, H. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Di Era Digital. PAKAR Pendidikan, 20(1), 62–75. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pakar.v20i1.254

Dini, J. P. A. U. (2022). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975.

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ipelona, E. (3 Oktober 2021). Dibully Karena Pakai Sandal Jepit ke Sekolah, Siswi SMP Ini Dibelikan Sepatu. Diakses dari https://www.kompas.tv/article/217933/dibully-karena-pakai-sandal-jepit-ke-sekolah-siswi-smp-ini-dibelikan-sepatu, pada 12 Januari 2022, pukul 09.30 WIB.

Isbandiyah, I., & Supriyanto, S. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal Tapis Lampung Sebagai Upaya Memperkuat Identitas Bangsa. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(1), 29–43. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i1.673

Jamilah, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘POST’ dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi untuk Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.28

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X SMA. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12

Kompas.com. (26 November 2018). Generasi Muda Kurang Peduli Budaya Sendiri. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2008/11/26/17323361/~Oase~Cakrawala, pada 16 Mei 2022, pukul 20.00 WIB.

Kriswantara, G., & Perdana, I. (2021). Bahan Ajar Digital Membaca Teks Cerita Rakyat Kalimantan Tengah Bermuatan Pendidikan Karakter dan Literasi Kritis. Sawerigading, 27(2), 191–204. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/sawer.v27i2.926

KumparanNews. (13 Desember 2021). Siswi SMK di Karawang Diperkosa 4 Pemuda Usai Dicekoki Miras. Diakses dari https://kumparan.com/kumparannews/siswi-smk-di-karawang-diperkosa-4-pemuda-usai-dicekoki-miras-1x6TgZWSoLZ/full, pada 12 Januari 2022, pukul 10.30 WIB.

Kusmana, S., & Nurzaman, B. (2021). Bahan Ajar Cerita Rakyat sebagai Perancah Pendidikan Karakter (Folklore Teaching Materials as a Character Education Scaffold). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 351–362. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.8778

Mewar, M. R. A. (2021). KRISIS MORALITAS PADA REMAJA DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Perspektif, 1(2), 132–142. https://doi.org/https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.4

Mithhar, M., & Agustang, A. (2021). Distorsi Pendidikan Karakter Siswa Dalam Pendidikan Jarak Jauh. Seminar Nasional LP2M UNM. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25257

Mu’alimah, I. H. (2020). Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Film Koki-Koki Cilik dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter bagi Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Skripsi: IAIN Ponorogo.

Muin, A., Yahya, A. N., & Janan, S. N. (2020). Model Pendidikan Nilai Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Penganut Kepercayaan Sunda Wiwitan Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 103-112. https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3272

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nugraha, B., & Faris, A.F. (20 November 2021). Cerita dibalik Viralnya Ema-ema di Karawang Injak Al-Qur’an. Diakses dari https://www.viva.co.id/berita/nasional/1424921-cerita-dibalik-viralnya-emak-emak-di-karawang-injak-alquran?page=1&utm_medium=page-1, pada 12 Januari 2022, pukul 09.10 WIB.

Nurfitriani, A.I. (11 November 2021). Viral di Medsos! Guru SD Karawang Keguguran Akibat Kekerasan Wali Murid. Diakses dari https://karawangpost.pikiran-rakyat.com/karawangin/pr-1422995458/viral-di-medsos-guru-sd-karawang-keguguran-akibat-kekerasan-wali-murid, pada 12 Januari 2022, pukul 09.20 WIB.

Permaidi, A. (15 Maret 2022). Viral Video Wanita Bakat Bendera Merah Putih di Karawang, Ini Kata Polisi. Diakses dari https://regional.kompas.com/read/2022/03/15/185421778/viral-video-wanita-bakar-bendera-merah-putih-di-karawang-ini-kata-polisi, 20 Maret 2022, pukul 09.30 WIB.

Purwadi. (2012). Folklor Jawa. Yogyakarta: Pura Pustaka.

Ranem, R., Mulawarman, W. G., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Debat Dengan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp65-74

Rejo, U., Rahayu, I. K., & Kharisma, G. I. (2022). Revitalisasi Cerita Rakyat Masyarakat Timor Sebagai Penguatan Nilai Pendidikan Karakter Pada Era Tatanan Kehidupan Baru. Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 35–47. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i1.51457

Santoso, Suyahmo, Maman, R., & Utomo, C. B. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 558–563.

Silitongga, Y.F. (18 Maret 2022). Viral Wanita Muda Pukul Balita di Karawang, Polisi Turun Tangan. Diakses dari https://www.detik.com/jabar/berita/d-5989924/viral-wanita-muda-pukul-balita-di-karawang-polisi-turun-tangan, pada 20 Maret 2022, pukul 09.00 WIB.

Silitongga, Y.F. (30 September 2021). Viral Aksi Balap Liar – Bikin Macet di Karawang, Polisi Turun Tangan. Diakses dari https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5747149/viral-aksi-balap-liar-bikin-macet-di-karawang-polisi-turun-tangan, 20 Maret 2022, pukul 09.10 WIB.

Sondarika, W., Ulum, M. B., Yuniar, E., & Andriyani, R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Bersasis Buku Cerita Masyarakat Adat Kampung Kuta Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Untuk Membentuk Karakter Siswa SD Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 45–52. https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3215

SuaraBanyumas.com. (15 Juli 2020). Banyak Sastra Lisan dalam Kondisi Mengkhawatirkan. Diakses dari https://suarabanyumas.com/banyak-sastra-lisan-dalam-posisi-mengkhawatirkan/, 21 Maret 2022, pukul 08.00 WIB.

Sugiyono, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, D., & Andalas, E. F. (2017). Sastra Lisan: Kajian Teori dan Perapannya dalam Penelitian. Malang: Madani.

Syarif, R., Arifin, M. B., & Siddik, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Deskripsi Menggunakan Model Circuit Learning pada Siswa Kelas VII SMP di Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2), 219–226. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i2.70

Yulianeta, Yaacob, A., & Lubis, A. H. (2022). The Development of Web-Based Teaching Materials Integrated with Indonesian Folklore for Indonesian Language for Foreign Speakers Students. International Journal of Language Education, 6(1), 46–62. https://doi.org/10.26858/ijole.v6i1.22957




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.8770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: