MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU TALI RINTANGAN (PTK di kelas VIII-B SMP Negeri 14 Tasikmalaya)

Dani Haryono

Abstract


Keterampilan lompat jauh merupakan salah satu cabang atletik yang harus diberikan kepada peserta didik kelas VIII SMP. Kemampuan faktor kognitif peserta didik dalam memahami teknik-teknik gerakan yang harus dilakukan dalam lompat jauh sangatlah memberikan konstribusi terhadap pencapaian hasil lompatan yang optimal. Keterampilan lompat jauh peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 14 Tasikmalaya sangat rendah, keadaan seperti ini sangat jauh dari harapan penulis selaku guru olahraga dengan melihat skor perolehan peserta lompat jauh pada Porseni yaitu 460 cm, hal tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan Menggunakan Alat Bantu Tali Rintangan (PTK di kelas VIII-B SMP Negeri 14 Tasikmalaya)”. Berdasarkan fungsi pendidikan jasmani, untuk mencapai tujuan yang diharapkan salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan  penyampaian pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan  karakteristik  siswa SMP.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas yang terdiri tinggi  dua siklus dan pada setiap siklus terdiri dari satu tindakan pembelajaran. Objek  penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F SMP Negeri 14 (N=34). Waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013.  Simpulan dalam penelitian adalah: (1) pada siklus 1 data hasil lompat jauh gaya jongkok didapat rata-rata 290 cm dan pada siklus 2 rata-rata 314 cm, (2) terdapat peningkatan hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan alat bantu tali rintangan.

 

Kata Kunci : Alat Bantu Tali Rintangan, Teknik Lompat Lompat Jauh Gaya Jongkok


Full Text:

Download PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 1999. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Harsono, 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta: Tambak Kusuma.

Suherman, Santosa, dan Anas. 1998. Petunjuk Guru Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Yudhistira.

Surakhmad, Winarno, 1989. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknis. Jakarta : Tarsito.

Tim Penjas SMP, 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Bandung : Yudhistira.

Wardhani, Igak dan Wihardit, Kuswaya (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i1.921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License