PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BARISAN DAN DERET BILANGAN (PTK di Kelas IX-A SMP Negeri 14 Tasikmalaya)

Dini Suwandiana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui penggunaan model pembelajaran Cooperative Script  dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Barisan dan Deret  Bilangan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini terdapat empat   teknik yaitu  pengamatan, tes,  dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Cooperative Script  terbukti dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktifitas siswa dari prasiklus ke siklus 1  sebesar 33,34 atau meningkat sebesar 28,55% dan dari siklus 1 ke siklus 2  meningkat sebesar 13,67 atau meningkat sebesar 11,39 %.Terdapat peningkatan proses belajar menggunakan model pembelajaran  Cooperative Script   dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 0,8 atau meningkat  sebesar 20,5 % dan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0,78 atau meningkat sebesar 19,5 %. Terjadi peningkatan pada rata-rata nilai tes dari prasiklus  ke  siklus 1 pertemuan ke 1 sebesar 14,67 atau meningkat sebesar  22.56 % dan meningkat pada prosentase siswa yang tuntas  sebesar 40%. Dari siklus 1 pertemuan ke 1  ke siklus 1 pertemuan ke 2  terjadi peningkatan rata-rata  nilai sebesar 3,6 atau meningkat sebesar 3,2 %  dan terjadi peningkatan pada prosentase siswa yang tuntas sebesar  6,67 % dan dari siklus 1 pertemuan ke 2 ke siklus 2 pertemuan ke 1 terjadi peningkatan rata-rata nilai sebesar 2.83 atau naik sebesar 3,4 % dan terjadi peningkatan prosentase siswa yang tuntas sebesar 6,7 %  sedangkan dari siklus 2 pertemuan ke 1 ke siklus 2 pertemuan ke 2 terjadi peningkatan nilai rata-rata  sebesar 2,4 atau meningkat sebesar 2.7 % dan terjadi peningkatan pada prosentase siswa yang tuntas sebesar 3.4 %      Penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-A SMP Negeri 14 Tasikmalaya pada Barisan dan Deret  Bilangan,   Kata Kunci   : Barisan dan Deret  Bilangan, Cooperative Script

Full Text:

Download PDF

References


Ahmadi dan Supriyono (1990) Ahmadi dan Supriyono. 1990. Psikologi belajar. Solo: PT Rineka Basri, H. 2000. Remaja berkualitas: problematika remaja dan solusinya. Yogyakarta: Pustaka Drost, S.J. 1993. Menjadi pribadi dewasa dan mandiri. Yogyakarta: Elok Sudibyo, dkk, 2008, buku paket kelas 9 , Jakarta , Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Ibrahim, M.,Racmadiarti, F.,Nur,M.,dan Ismono. 2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:University Robert E. Slavin (2010), COOPERARATIVELEARNING: Teori, Riset dan Praktik Bandung: Nusa Trianto (2010) Mendesain Model Pembelajran Inovatif-Progresif: Konsep dan Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan.Jakarta: Suparno, AS. 1998. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional Instruktur PKG. Bogor: Winkel, S.J.W.S. 1991. Psikologi pengajaran. Jakarta: PT Yamin, H.M. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi.Jakarta: Persada Press Hhtp/ www Sriudin.com Education Blog,




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i1.925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: