PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN TIPE ROLE PLAYING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Penelitian pada Sub Konsep Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI SMAN 1 Ciamis)

Meilani Purwati, Toto Toto, Ruhana Afifi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan Role Playing terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ciamis dengan metode Quasy experiment dan desain Two Group Pretest Post Test. Populasi penelitian ini adalah 298 siswa. Sampel penelitian ini diambil 2 kelas dengan sampling purposive,  yaitu kelas XI IPA 1 berjumlah 43 siswa sebagai kelas eksperimen pertama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan kelas XI IPA 4 berjumlah 42 siswa sebagai kelas eksperimen kedua menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi dan teknik test. Aktivitas belajar siswa diuji menggunakan uji wilcoxon, dan hasil belajar kognitif siswa diuji menggunakan uji beda dua rata-rata (uji t).  Hasil analisis data dari uji wilcoxon untuk aktivitas belajar siswa yaitu   < (α = 5 %) (42), (20 <  298,45). Uji hipotesis untuk hasil belajar kognitif siswa yaitu bahwa  >  (4,66 > 1,99), sehingga Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.Kata kunci : Talking Stick,  Role Playing, Aktivitas, Hasil Belajar Kognitif Siswa

Full Text:

Download PDF

References


Gunawan, I.,dan Palupi Retno, A. (2001). “Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif : Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian” J. PGSD FIP IKIP PGRI Madiun.16-39.

Hanafiah, N. dan Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Refika Aditama.

Harahap, N. dan Nasution, K. F. (2016). “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick Dan Tipe Role Playing Pada Materi Sistem Eksresi Manusia”. J. Pelita Pendidikan. 4(2): 47-52.

Hidayati dan Asfaroh Aurum,J. (2014). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA siswa Kelas VII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Tahun Ajaran 2012/2013”. J. Pendidikan IPA Natural. 1(1):1-73.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning. Bandung. Alfabeta.

Huda, M. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i1.930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: