KOMUNIKASI DAN HUMAN RELATION PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA, FILSAFAT, PSIKOLOGI DAN SOSIOLOGI

Sukri Sukri, Rohmat Hasanah, Nandang Koswara, Wiwik Dyah Aryani

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahi dan meneliti : 1) Bagaiamana Pandangan komunikasi dan human relation pendidikan ditinjau dari sudut pandang  agama. 2) Bagaimana Pandangan komunikasi dan human relation pendidikan berbasis ditinjau dari sudut pandang filsafat 3) Bagaimana komunikasi dan human relation pendidikan ditinjau dari sudut pandang psikologis. 4) Bagaimana komunikasi dan human relation pendidikan ditinjau dari sudut pandang sosiologi dan 5) Alternatif perspektif untuk membangun komunikasi dan Human relation pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey perpustakaan sebagai metode dan teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan berbagai literatur yang tersedia untuk kajian teoritis. Secara teoritis, data yang dikumpulkan oleh peneliti dapat dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi untuk “mengupas” data yang dikumpulkan ketika mempertimbangkan berbagai literatur yang dikumpulkan pada tahap awal penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam hubungan komunikasi dan human relation sebagaimana paradigma positivisme memberikan  pandangan bahwa komunikasi sebagi adalah suatu proses adanya  sebab-akibat, yang tercermin dari pengirim pesan/massage (komunikator/encoder) untuk mengubah pengetahuan (sikap atau perilaku) sebagai penerima pesan/massage (komunikan/decoder) yang pasif. Dalam membina human relation, maka eksistensi masing-masing individu di dalam organisasi diakui dan dihormati. Dalam oraganisasi manusia mempunyai pranan penting dalam membina hubungan, baik formal maupun informal untuk mewujudkan suatu kerja sama yang baik dan harmonis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan di landasi saling pengertian dan saling menghargai. Dari pembahasan  makalah ini menyimpulkan bahwa komunikasi dan human relation adalah sesuatu yang tidak bias dipandang  sebelah mata pada kontek komunikasi organisasi untuk mencapai  tujuan organisasi

Keywords


Komunikasi; Human Relation Pendidikan

References


Akhirudin, F., & Nurjaman, U. (2022). Komunikasi dan Human Relation Pendidikan Berbasis Agama Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 16, No. 1 Januari - Juni 2022. https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam

Ambarwati, A. 2018. Perilaku dan Teori Organisasi. Malang: Media Nusa Creative.

Ardianto, Elvinaro, and Bambang Q-Aness. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009

Burhan, Bungin. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, Dan Diskursus Teknologi Komunikasi Di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006

Effendy, R. Pendidikan Lingkungan, Sosial, Budaya, dan Teknologi. Bandung: CV Maulana Media Grafika, 2010

Fahrizal Akhirudin, Ujang Nurjaman . “Komunikasi Dan Human Relation Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, Dan Sosiologi.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 16, No. 1 Januari - Juni 2022

Inah, E., N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/416

Nawawi, Hadari. Kepemimpinan Menurut Islam Yogyakarta. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press, 1993

Oemi, Abdurrachman. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2001

Rizki, Juni Wati Sri. “Urgensi Human Relation Bagi Organisasi.” Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman 2, no. 1 (2015): 130–144

Siagian, Sondang P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Uchjana, E, Onong. Human Relation and Public Relation. Bandung: Mandar Maju, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: