PROFESIONALISME PENDIDIKAN DALAM TINJAUAN AGAMA, FILSAFAT, PSIKOLOGI DAN SOSIOLOGI DI SMKN 1 KOTA TASIKMALAYA

Dodo Murtado, Tedi Setiadi, Hendri Hendarsah, Nandang Koswara, Wiwik Dyah Aryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi profesionalisme pendidikan dalam tinjauan agama, filsafat, psikologi dan sosiologi di SMKN 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian deskriptif, dengan menggambarkan profesionalisme pendidikan dalam hal ini guru sebagai tenaga pendidik. Dari hasil observasi dan wawancara yang dideskripsikan dalam bentuk narasi tulisan sebagai bentuk hasil temuan dilapangan. Agar suatu proses pembelajaran berkualitas dan relevan, up to date, kebutuhan sumber daya manusia (man-power) teraplikasi dengan baik, Kesimpulan hasil temuan menggambarkan bahwa implementasi profesionalisme pendidikan melalui tinjauan agama, filsafat, psikologi dan sosiologi sudah diterapkan dengan baik. Hal ini ditunjukan bahwa iklim sekolah sudah memperhatikan tentang kecenderungan globalisasi yang berkonsekuensi pada terjadinya perubahan paradigma pembelajaran, yakni dari paradigma “lama” ke paradigma “baru”. Memahami tentang globalisasi yang dapat berdampak terhadap kemajuan peradaban dunia, yang merupakan suatu pelajaran penting bagi seluruh warga sekolah  yang senantiasa perlu mengedapankan profesionalisme dan responsif terhadap setiap permasalahan di sekolah, dan inovatif terhadap perubahan sosial pendidikan yang senantiasa dinamis melalui pengembangan guru dan tenaga kependidikan, desain kurikulum operasional,  desain pengelolaan kelas dan desain penelurusan tamatan.

Keywords


Profesionalisme; Agama; Filsafat; Psikologi; Sosiologi

References


Alma Bukhari dkk. (2010). Guru Profesional. Bandung : Alfabeta.

Idi Abdullah. (2011). Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan Jilid 1. Bandung : Alfabeta.

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan Jilid 2. Bandung : Alfabeta

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan Jilid 3. Bandung : Alfabeta.

Rosyada, Dede dan Murodi. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Salam, Burhanudin. (2011). Pengantar Pedagogik. Jakarta : Rineka Cipta.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. (2020). Metodologi Penelitian Kualitataif. Bandung : Alfabeta.

Undang Undang Dasar 1945. (2014). Sebelum dan Sesudah Amandemen. Jakarta : Citramedia Pustaka.

UU No. 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional

Wiryo Pranoto, dkk. (2017). Ki Hadjar Dewan Tara Pemikiran dan Perjuangannya. Jakarta : Musieum Kebangkitan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: