Penggunaan Metode Project Based Learning (PJBL) dalam Peningkatan Daya Analisis Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKN di SMA Negeri 10 Tasikmalaya

Randy Fadillah Gustaman, Kosasih Adi Saputra, Iwan Ridwan Paturochman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model PjBL pada mata pelajaran PPKN untuk meningkatkan daya analisis peserta didik. Penelitian  ini  menggunakan  metode  penelitian  deskriptif  kualitatif. Teknik  pengumpulan  data  pada  penelitian  ini  yaitu  dengan  melakukan  observasi,  wawancara  dan  dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan  model  pembelajaran  PjBL  di  SMA  10  Tasikmalaya  pada  dasarnya  telah  dilaksanakan  dengan  konsep  pemilihan  tema-tema  projek  yang  sudah  sesuai  dengan  materi  pembelajaran.  Tema-tema  yang  di  pilih  tentunya  sudah  berdasarkan  dari  kesepakatan  musyawarah  guru  mata  pelajaran  PPKn  di  SMA  10  Tasikmalaya.  Penerapan  Model  pembelajaran  PjBL  pada  dasarnya  telah  dilaksanakan  dan  cukup  mampu  merangsang  peserta  didik  untuk  lebih  komprehensif  dalam  menganalisis  sebuah  permasalahan  dalam  mata  pelajaran  PPKn,  hal  tersebut  dibuktikan  dengan  kualitas  analisis  hasil  laporan  projek  dan  pemaparan  langsung  peserta  didik.  Adapun  kendala  yang  di  hadapi  dalam  pelaksanaan  model  pembelajaran  PjBL  di  SMA  10  Tasikmalaya  diantaranya  adalah  1)  Kurangnya  sosialisasi  model  pembelajaran  PjBL  kepada  guru  di  SMA  10  Tasikmalaya,  2)  Sumber  belajar  peserta  didik  yang  belum  cukup  memadai  sebagai  penunjang  pelaksanaan  Model  pembelajaran  PjBL.

Keywords


Project Based Learning; Pendidikan Kewarganegaraan; Daya Analisis

References


BP, A. R., & Munandar, A. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8. Dipetik 2023, dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/download/7757/4690

Zulfikar, F., & Dewi, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Jurnal PEKAN, 6(1), 104-115. Dipetik 2023, dari https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/download/1171/918

K & jatiningsih, O. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X Di SMAN 22 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 2(3), 936-950.

Dewi, P, I, A. (2020). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Mata Kuliah Pembelajaran IPS Sekolah Dasar.

Fajriyah Khusnul, Agustini Ferina. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kota Semarang. Jurnal Elementary School e-ISSN 2502-4264 Volume 5 nomor 1 Januari 2018 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang.

Giroux, H. A. (2014) Critical theory and rationality in citizenship education, curriculum inquiry. Routledge, 10(4), 329-266. http://dx.doi.org/10.1080/03626784. 1980.11075229 Davies, I. (2004). Science and citizenship education. International Journal of Science Education. 26(11), 1751-1763. http://dx.doi.org/10.1080/ 0950069042000230785

Hosnan (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ivon, K, Davies (1991) Pengelolaan Belajar , Jakarta, CV. Rajawali.

Kerr, D. (1999). Citizenship education: an international comparasion. London: National Foundation for Educational Research-NFER.

Komariah, Aan dan Satori, Djam’an (2011) Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.

Nisa, H, Disman & Dahlan, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik. Jurnal Manajerial. 3(5), 157-190.

Print, M. (1999). Introduction, civic education and civil society in the asia-pacific. Civic education for civil society. London: ASEAN Acedemic Press, 9-18.

Riyanti, I, Mahmud, Putra. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn melalui Project Based Learning. Proseding Seminar Nasuinal Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Saputra, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi dan Kemampuan Berorganisasi Terhadap Kemampuan Analisis Kimia Peserta Didik (Eksperimen Pada Peserta Didik SMA Negeri di Kecamatan Cilodong Kota Depok). Alfarisi. 1(1), 68-80.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sunagi Penuh. Jurnal Inovasi Pendidikan. 1(12), 2683-2694.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: prestasi pusaka publisher

Winaputra, U., S. (2016). Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 15-36. DOI: https://doi.org/10.21067/jmk.v1i1.1184




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.10072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: