Penggunaan Metode Project Based Learning (PJBL) dalam Peningkatan Daya Analisis Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKN di SMA Negeri 10 Tasikmalaya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
BP, A. R., & Munandar, A. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8. Dipetik 2023, dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/download/7757/4690
Zulfikar, F., & Dewi, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Jurnal PEKAN, 6(1), 104-115. Dipetik 2023, dari https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/download/1171/918
K & jatiningsih, O. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X Di SMAN 22 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 2(3), 936-950.
Dewi, P, I, A. (2020). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Mata Kuliah Pembelajaran IPS Sekolah Dasar.
Fajriyah Khusnul, Agustini Ferina. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kota Semarang. Jurnal Elementary School e-ISSN 2502-4264 Volume 5 nomor 1 Januari 2018 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang.
Giroux, H. A. (2014) Critical theory and rationality in citizenship education, curriculum inquiry. Routledge, 10(4), 329-266. http://dx.doi.org/10.1080/03626784. 1980.11075229 Davies, I. (2004). Science and citizenship education. International Journal of Science Education. 26(11), 1751-1763. http://dx.doi.org/10.1080/ 0950069042000230785
Hosnan (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ivon, K, Davies (1991) Pengelolaan Belajar , Jakarta, CV. Rajawali.
Kerr, D. (1999). Citizenship education: an international comparasion. London: National Foundation for Educational Research-NFER.
Komariah, Aan dan Satori, Djam’an (2011) Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.
Nisa, H, Disman & Dahlan, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik. Jurnal Manajerial. 3(5), 157-190.
Print, M. (1999). Introduction, civic education and civil society in the asia-pacific. Civic education for civil society. London: ASEAN Acedemic Press, 9-18.
Riyanti, I, Mahmud, Putra. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn melalui Project Based Learning. Proseding Seminar Nasuinal Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Saputra, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi dan Kemampuan Berorganisasi Terhadap Kemampuan Analisis Kimia Peserta Didik (Eksperimen Pada Peserta Didik SMA Negeri di Kecamatan Cilodong Kota Depok). Alfarisi. 1(1), 68-80.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sunagi Penuh. Jurnal Inovasi Pendidikan. 1(12), 2683-2694.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: prestasi pusaka publisher
Winaputra, U., S. (2016). Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 15-36. DOI: https://doi.org/10.21067/jmk.v1i1.1184
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.10072
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: