Media Komik Digital Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Siswa SMA

Firman Aryansyah, Rizka Andhika Putra, Dedeh Dedeh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik digital terhadap tingkat pemahaman akuntansi siswa SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental pola Nonrandomized control group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran akuntansi dengan menggunakan media komik digital mampu mengukur dan meningkatkan pemahaman akuntansi siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 23,00 dari sebelum perlakuan diperoleh rata-rata 55,25 meningkat menjadi 78,25. Serta memiliki nilai rata-rata hasil akhir yang lebih baik jika dibandingkan dengan penggunaan media konvensional dalam hal ini lembar kerja siswa/ peserta didik (LKPD).

Keywords


Jurnal Wahana Pendidikan

References


Arsyad, A. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gumelar, M.S. (2011). Comic Making. Jakarta: PT. Indeks.

Kusuma, I.C., & Lutfiany, V. (2019). Persepsi UMKM Dalam Memahami SAK EMKM. Jurnal Akunida, 4(2), 1. http://doi.org/10.30997/jakd.v4i2.1550

Munandi, Y. (2013). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan: Remaja Rosdakarya.

Pesudo, et all (2016). Pemahaman Akuntansi dan Akuntabilitas Mahasiswa Penerima Beasiswa. Jurnal Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Mei 2016 Vol. 5 Nomor 1 Hal 46-64.

Rifai, Ahmad dan Nana Sudjana (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar.

Riko, T. (2006). Analisis Tingkat Pemahaman Wajib Pajak Badan dan Fiskus Terhadap Perencanaan dan Penggelapan Pajak pada KPP Padang. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/639, diunduh tanggal 23 Februari 2023.

Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9 (1): 15-32.

Sangadah, Khotimatus. (2020). Konsep Sistem Pengolahan Transaksi Keuangan Pada PT. Lagoa Nusantara. Orphanet Journal of Rare Disease, 21 (1), 1-9.

Sugiyono. (2015) Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, Amir Hamzah. (1981). Media Audiovisual Untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: Gramedia.

Wina Sanjaya. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.10285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: