Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pair Chek Dan Model Think Pair Share (TPS) (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Taraju)

Aldi Muhamad Hoerudin Saputra, Rendra Gumilar, Iis Aisyah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Pair chek dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental. Desain Penelitian ini menggunakan Nonequivalent multipel group design. Populasi dalam peneitian ini sebanyak 100 pserta didik, teknik pengambilan sample menggunakan teknik sampling purposive, terdapat 66 peserta didik yang terbagi pada kelas eksperimen model pembelajaran Pair Chek yaitu yang berjumlah 33 dan kelas eksperimen model Think Pair Share yang berjumlah 33. Adapun hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 <0,05 jadi, Ha diterima dan Ho di tolak artinya, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Pair chek sebelum pengukuran awal dan pengukuran akhir. Untuk hipotesis kedua diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 <0,05 jadi, Ha diterima dan Ho di tolak artinya. , terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sebelum pengukuran awal dan pengukuran akhir. Untuk hipotesis ketiga diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,056 <0,05 jadi, Ha diterima dan Ho di tolak artinya, terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Pair Chek dengan yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share sesudah perlakuan.Model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi terhadap hasil belajar peserta didik di bandingkan denga model pembelajaran Pair Chek.

Keywords


Hasil Belajar Peserta Didik; Model Pembelajaran Pair Chek; Model Pembelajaran Think Pair Share

References


Alfahmi, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. JPGSD, 2(2), 1-11. Diambil kembali dari https://media.neliti.com/media/publications/251751-none-912733e1.pdf

Berlian, dkk. (2007). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi diSMP Negeri 10 Palembang. Palembang: UIN Raden Fatah.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Julianto, d. (2011). Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.

Lie, A. (2004). Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Pernada Media Group.

Sofia, A. (2013). http://repository.unp.ac.id. Diambil kembali dari http://repository.unp.ac.id: http://repository.unp.ac.id/9255/1/6_A_ANA_SOFIA_83248_3227_2013.pdf

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yantiani, N. M., Wiarta, I. W., & Putra, M. (t.thn.). PEMBELAJARAN KOOPERATIF PAIR CHECK BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG DAN BANGUN DATAR SISWA KELAS IV GUGUS IV SEMARAPURA. Jurnal Undiksa, 1-10. Diambil kembali dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/1188/1051/2243




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.10740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: