Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Di Lingkungan FKIP Universitas Galuh

Lia Yulisma, Rohmat Hasanah, Sukri Sukri, Agus Mulyanto

Abstract


FKIP Universitas Galuh merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang mempunyai peran penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang pendidikan. Sebagai suatu organisasi yang memiliki tujuan untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan, maka kepemimpinan yang efektif sangat dibutuhkan untuk mendorong kinerja pegawai dan mencapai tujuan organisasi. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran kepemimpinan dan kinerja pegawai di lingkungan FKIP Universitas Galuh, mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini dilaksanakan di FKIP Universitas Galuh. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data menggunakan survei dengan menggunakan kuesioner. Sumber data dalam penelitian ini adalah pegawai di lingkungan FKIP Universitas Galuh yang terdiri dari dosen, staf akademik yang berjumlah 20 orang. Variabel  dalam penelitian ini adalah kepemimpinan dan kinerja pegawai dengan indikator motivasi, kompetensi, lingkungan kerja, dukungan organisasi, dan kinerja pegawai. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya kepemimpinan yang efektif dalam meningkatkan kinerja pegawai di lingkungan FKIP Universitas Galuh. Manajemen FKIP Universitas Galuh perlu memperhatikan pengembangan kepemimpinan, pelatihan, dan pendampingan bagi para pemimpinnya. Dengan menerapkan kepemimpinan yang efektif dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, FKIP Universitas Galuh dapat meningkatkan kinerja pegawai, mencapai tujuan organisasi, dan memperkuat posisinya sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas.

Keywords


Kepemimpinan, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Pegawai

References


Abu Bakar, Hassan, dan Che Su Mustaffa. 2013. “Organizational Communication in Malaysia Organizations: Incorporating Cultural Values in Communication Scale.” Corporate Communications: An International Journal 18, no. 1.

Adiyoga, R.A., & Firdaus, M.R. 2019. Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. ABC. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(3), 2981-2992.

Asbari, Masduki, Priyono Budi Santoso, dan Agus Purwanto. 2019. “Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Perilaku Kerja Inovatif pada Industri 4.0.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 8, no. 1

Azhariman, Hatif. 2014 . “Keadilan Organisasi sebagai Variabel Mediasi antara Komunikasi Organisasi dengan Kepuasan Kerja Karyawan PT. Telkom Surabaya. ” Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 2, no. 4.

Kusumawati, Diah Ayu. 2015 . “Peningkatan Perilaku Kerja Islami dengan Budaya Organisasi Islami sebagai Variabel Moderasi. ” Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM) 2, no. 1

Mahmudah, Dede. 2015. Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, Dan Motivasi Dalam Organisasi. ” Jurnal Studi Komunikasi dan Media 19, no. 2

Marta, Jujung Dwi, dan Dewie Tri Wijayati. 2018. “Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PT. X.” BISMA (Bisnis dan Manajemen) 8, no. 2.

Parashakti, Ryani Dhyan, dan Dede Irfan Setiawan. 2019. “Gaya Kepemimpinan dan Motivasiterhadap Kinerja Karyawan pada Bank BJB Cabang Tangerang.” Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis 10, no. 1 .

Rukiyah, L., & Widyastuti, R. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Mediasi Motivasi Kerja. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 21(2), 111-120.

Sukarja, Rahmat, dan Machasin. 2015. “Pengaruh Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Riau.” Jurnal Tepak Manajemen Bisnis 7, no. 2 .




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.11109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: