Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Self Efficacy Dan Gender

Devi Yuliana, Asih Miatun

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan guna menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang didasarkan oleh self efficacy dan gender. Penelitian ini ialah penelitian desktriptif kualitatif yang menggunakan subyek penelitian siswa kelas X SMK Cendekia Batujajar. Teknik purposive sampling digunakan guna menganalisa kemampuan berpikir kritis matematis dari 6 subjek pada masing-masing kategori gender (laki-laki dan perempuan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket self efficacy, dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, kategorisasi dan sintesisasi, serta hipotesis/kesimpulan kerja. Simpulan dari penelitian ini ialah siswa laki-laki pada kategori self efficacy tinggi lebih baik dibandingkan dari siswa laki-laki pada kategori self efficacy sedang dan rendah. Terdapat 4 indikator yang telah terpenuhi pada siswa dengan laki-laki pada kategori self efficacy tinggi yakni indikator interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Sedangkan, siswa laki-laki pada kategori self efficacy sedang telah terpenuhi 1 indikator TKBK yaitu indikator evaluasi dan siswa laki-laki pada kategori self efficacy rendah memenuhi 3 indikator TKBK yaitu indikator interpretasi, evaluasi, dan inferensi. Selain itu, siswa perempuan pada kategori self efficacy tinggi dan sedang kurang memenuhi semua indikator TKBK dan siswa perempuan pada kategori self efficacy rendah memenuhi 1 indikator TKBK.

References


Agoestanto, Khozinatul Umuroh & Arief. 2016. “Implementation of the PBL Learning Model on Students’ Critical Thinking Skills and Discipline.” National Seminar on Mathematics X Semarang State University: 532–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21570/10269.

Agustina, Candy Alfa, Suesthi Rahayuningsih, Universitas Islam Majapahit, and Perbedaan Gender. 2018. “ANALISIS KEYAKINAN DIRI (SELF EFFICACY) SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER.” 1(September): 103–16.

Amir, Zubaidah. 2013. “Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender 12(1): 15.

Andriawan, Angga, Asti Sari Setiawati, Indah Puspita Sari, and Siti Chotimah. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Pythagoras.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(4): 559.

Anggoro, Bambang Sri. 2016. “Analisis Persepsi Siswa SMP Terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 153–66.

Arif, Muchamad, Meila Hayudiyani, and Medika Risansari. 2017. “Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Tkj Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Jenis Kelamin Siswa Di Smkn 1 Kamal.” Edutic - Scientific Journal of Informatics Education 4(1).

Cahyono, Budi. 2017. “Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender.” Aksioma 8(1): 50.

Daniati, Novia, Dezi Handayani, Relsas Yogica, and Heffi Alberida. 2018. “Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Tentang Materi Pencemaran Lingkungan.” Atrium Pendidikan Biologi 1(2): 1–10.

Ely Satiyasih Rosali, Darwis Darmawan, and Mega Prani Ningsih. 2021. “Kajian Efikasi Diri Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19.” Geoducation 2(2): 1–8.

Fakhriyah, F. 2014. “Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3(1): 95–101.

Ferdyansyah, Andri, Euis Eti Rohaeti, and Maya Masyita Suherman. 2020. “Gambaran Self Efficacy Siswa Terhadap Pembelajaran.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan) 3(1): 16.

Hanifah, S. B. Waluya, M. Asikin, and Rochmad. 2020. “Analisis Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Matematika Dilihat Dari Gender.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) 3(1): 262–67. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/612.

Hari, Laela Vina, Luvy Sylviana Zanthy, and Heris Hendriana. 2018. “PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1(3): 435–44.

Hidayat, Reni Astari, and Sri Hastuti Noer. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Yang Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Daring.” Media Pendidikan Matematika 9(2): 1–15.

Inayah, Sarah, Ari Septian, and Elsa Komala. 2021. “Efektivitas Model Flipped Classroom Berbasis Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan 5(November): 138–44.

Indahsari, Ita Nur, Jayanna Clarita Situmorang, and Risma Amelia. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa MAN.” Journal On Education 1(2): 256–64.

Istiqomah, S N, and A Miatun. 2022. “Pembelajaran Tatap Muka Terbatas: Smartphone Addiction Dan Self-Efficacy Hubungannya Dengan Kecemasan Matematika Siswa SMA.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 7(1): 111–17. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/1859.

Jatisunda, Muhammad Gilar. 2017. “Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Jurnal theorems (The Original Research of Mathematics) 1(2): 24–30.

Karim, and Normaya. 2015. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1).

Kurniawan, Nanda Alfan, Nur Hidayah, and Diniy Hidayatur Rahman. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 6(3): 334.

Kurniawati, Dewi, and Arta Ekayanti. 2020. “Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika.” PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran) 3(2): 107–14. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/1892.

Maslakhatunni’mah, Dewi, Linda Budi Safitri, and Desi Nuzul Agnafia. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP.” Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019: 179–85.

Men, Fulgensius Efrem. 2017. “Proses Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Pengajuan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika.” Kreano 8(2): 191–98. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano%0Ahttp://dx.doi.org/10.15294/kreano.v8i2.7192.

Millaty, Vita Nur. 2021. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Segiempat.” Didactical Mathematics 3(1): 33–40.

Minarti, Eva Dwi, and Puji Nurfauziah. 2016. “Pendekatan Konsturktivisme Dengan Model Pembelajaran Generatif Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Matematis Serta Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Di Kota Cimahi.” Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi 3(2): 68.

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. 38th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Niky Amanah, Leonard,. 2017. “Pengaruh Adversity Quotient (Aq) Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Perspektif Ilmu Pendidikan 28(1): 55.

Niswah, A F, and A Agoestanto. 2021. “Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Self-Efficacy Menggunakan Quantum Teaching Pada Siswa SMP.” Prisma 4: 49–58.

Nur, Andi Saparuddin, and Markus Palobo. 2018. “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Kognitif Dan Gender.” Jurnal Ma t ema tika K r ea tif -Ino v a tif 9(2): 139–48.

Nurazizah, Sinta, and Adi Nurjaman. 2018. “ANALISIS HUBUNGAN SELF EFFICACY TERHADAP.” 1(3): 361–70.

Nurfauziah, Puji, Linda Faudziah, Siti Nuryatin, and Indri A Mustaqimah. 2018. “Analisis Self Efficacymatematik Siswa Kelas Viii Smp 7 Cimahi Dilihat Dari Gender (Mathematical Self Efficacy Analysis of Grade Viii Students of Smp 7 Cimahi Viewed From Gender).” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 3(1): 61–70.

Nuryadi, Nuryadi, Y L Sukestiyarno, Hardi Suyitno, and Iqbal Kharisudin. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gender Dan Self-Efficacy Matematika Siswa Dalam Mengerjakan Soal Framework PISA.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana: 846–55.

Pebianto, Acep et al. 2018. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Gender.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(4): 631.

Prajono, Rahmad, Dayangku Yasmin Gunarti, and Mustamin Anggo. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau Dari Self Efficacy.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 11: 143–54.

Pramuditya, Lalu Calvian, Supandi Supandi, and Aryo Andri Nugroho. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Aljabar.” Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 1(6): 279–86.

Rodzalan, Shazaitul Azreen, and Maisarah Mohamed Saat. 2015. “The Perception of Critical Thinking and Problem Solving Skill among Malaysian Undergraduate Students.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 172(2012): 725–32. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.425.

Romandona, Dinda Desma, and Dian Adila. 2020. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana.” Jurnal Pendidikan Fisika 1.

Rosmaiyadi, Rosmaiyadi. 2017. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Learning Cycle 7E Berdasarkan Gaya Belajar.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 6(1): 12.

Ryzal Perdana, Budiyono, Sajidan, Sukarmin. 2019. “Analysis of Student Critical and Creative Thinking ( CCT ) Skills on Chemistry : A Study of Gender Differences.” : 43–52.

Sari, Astrid Chandra, Nurul Ilmiyah, and Intan Yuli Lestari. 2021. “ANALISIS BERPIKIR KRITIS PADA MASA PANDEMI (COVID-19) DITINJAU DARI GENDER.” Journal of Mathematics Education and Science 4(2): 91–100.

Sianturi, Aprilita, Tetty Natalia Sipayung, and Frida Marta Argareta Simorangkir. 2018. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul.” UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6(1): 29–42.

Simbolon, Maruli, Edy Surya, and Edi Syahputra. 2017. “The Efforts to Improving the Mathematical Critical Thinking Student’s Ability through Problem Solving Learning Strategy by Using Macromedia Flash.” American Journal of Educational Research 5(7): 725–31. http://pubs.sciepub.com/education/5/7/5.

Subaidi, Agus. 2016. “Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika.” Sigma 1(2): 64–68. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

Sulistyowati, Yuni. 2021. “Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial.” IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies 1(2): 1–14.

Suriati, Arista, Chandra Sundaygara, and Maris Kurniawati. 2021. “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM KEPANJEN.” Jurnal Terapan Sains & Teknologi 3(3): 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: