Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan Dan Kinerja Birokrasi (KPKB)

Nur Arifin, Lia Yulisma, Tedi Setiadi, Hendi S Muchtar, Nandang Koswara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kebijakan Pendidikan dan Kinerja Birokrasi (KPKB) Secara Teoritis, Konseptual, Definitif, dan Substantif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah studi literatur, yaitu dengan cara meneliti dan memahami buku-buku, dokumen atau sumber tertulis lainnya yang relevan dan mendukung teori konsep dasar Kebijakan Pendidikan dan Kinerja Birokrasi (KPKB). Dalam makalah ini, telah dibahas mengenai kinerja birokrasi secara teoritis, konseptual, definitif, dan substantif. Kinerja birokrasi merupakan faktor kunci dalam keberhasilan suatu negara dalam mencapai tujuan-tujuan pembangunan nasional. Untuk memastikan bahwa kinerja birokrasi dapat mencapai tujuan-tujuan tersebut dengan cara yang efektif dan efisien, maka perlu dipahami definisi kinerja birokrasi, teori-teori yang terkait dengan kinerja birokrasi, serta konsep-konsep penting yang harus dipahami dalam memahami kinerja birokrasi secara substansial.

Keywords


Konsep Dasar, Kebijakan Pendidikan, Kinerja Birokrasi.

References


Alwi Syafarudin. (1994). Alat-alat Analisis dalam Pembelajaran. Andi Offset.

Arifuddin M. Arif. (2020). Perspektif Teori Sosial Emile Durkheim Dalam Sosiologi Pendidikan. Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 1–14.

Asdrayany, D., Najmi Muhajir, M., Fauzi, A., Qurtubi, A., Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U., Jendral Sudirman, J. N., Cipocok Jaya Kec Serang, P., & Serang, K. (n.d.). Analisis Konsep, Teori dan Lingkup Politik Pendidikan. Journal on Education, 06(01), 6840–6852.

Djaali. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.

Elia, R., Tinggi, K., Baso, K., & Agam, K. (2023). Implikasi Antropologi dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 1715–1722. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/892/718

Fatkuroji. (2012). 591-1054-1-SM. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 249–268.

Firdaus. (2021). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. DOTPLUS Publisher.

Gorton, R. A., & Schneider, G. T. (n.d.). School Based Leadership, Challenges and Opportunities. Wm.C. Brown Publishers.

Hardani Ahyar. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.

H.M. Hasbullah. (2015). Kebijakan Pendidikan (Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Isnaini Rodiyah, Hendra Sukmana, & Lailul Mursyidah. (2022). Pengantar Ilmu Administrasi Publik.

Nur Hidayah, Hardika, Yuliati Hotifah, Sinta Yuni Susilawati, & Imam Gunawan. (2017). Psikologi Pendidikan. Universitas Negeri Malang.

Riant Nugroho. (2008). Public Policy. PT. Elex Media Komputindo.

Saefiana, F. D. S. R. D. A. M. R. (2022). 3976-Article Text-6882-1-10-20220725. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 150–158. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/issue/view/80

Sholih Muadi, I. M. A. S. (2016). Konsep Dan Kajian Teori Perumusan Kebijakan Publik. Jurnal Review Politik, 6(2), 195–224.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Sukardi. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Syaiful Sagala. (2009). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Alfabeta.

Yessi H. Ladaria. (2020). 4445-Article Text-10787-1-10-20230526. HOLISTIK: Journal of Social and Culture, 13(1), 1–15. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/holistik/article/view/29334

Yoyon Bahtiar Irianto. (2012). Kebijakan Pembaruan Pendidikan; Konsep, Teori, dan Model (2nd ed.). Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i2.11141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: