Pengembangan Model Project Based Learning Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Pada Konsep Sel

Ratna Indriani, Wahidin Wahidin, Asep Ginanjar Arip

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya peningkatan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa dari pengembangan model project based learning berbantuan augmented reality. Metode penelitian dengan model pengembangan ADDIE dan jenis penelitian research and development. Hasil penelitian menunjukkan untuk KPS rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 49,9 dan rata-rata nilai posttest 80,5 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest 48,7 dan rata-rata nilai posttest 60 dan untuk sikap ilmiah rata-rata nilai pretest eksperimen 60 posttestnya 86,9 sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai pretest 58,9 posttesnya 81.  Dilanjutkan dengan analisis uji t dan diperoleh nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000<0,05, sehingga disimpulkan bahwa pengembangan model PjBL berbantuan AR dapat meningkatkan KPS  dan sikap ilmiah peserta didik.

Keywords


Augmented reality, Keterampilan proses sains, Project based learning, Sikap Ilmiah, Teknologi

References


Andiana, Sri. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Sumber Belajar Berbasis Medi Bahan Alam Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Atntovani Risal, et al. (2017). Pengembangan Model pembelajaran PjBL untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam mata pelajaran kewirausahaan. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Benik, Dwi. (2019). Pengembangan Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kreativitas Mata Pelajaran Prakarya Sekolah Menengah Pertama, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Fitria, Ningrum. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Konsep Sel dalam Jaringan Tumbuhan dan Hewan di SMA N Kota Depok. Jakarta: UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta.

Creswell. (2014). Penelitian Kualitatif dan Design Research Yogyakarta. Pustaka Belajar

Irnaningtyas, et al., (2016). Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013 yang Disempurnakan Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Erlangga.

Jufri (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Penerbit Reka Karya Cipta

Kasdum, Siti. (2019). Pengaruh Model PjBL terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fluida. Banda Aceh: Universitas Ar-Raniry.

Mastofani, Risal, et al. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Rahmawati (2016). Analisis kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tingkat Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika Equals.

Rosidah, et al. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif, Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Trenggalek: Universitas Negeri Malang.

Subali. (2010).Pengukuran Ketrampilan Proses Sains Pola Divergen Mata Pelajaran Biologi Sma Di Provinsi DIY dan Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Biologi „Biologi dan Pengembangan Profesi Pendidik Biologi‟ 3 Juli 2010

Sumianar U, et al. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Beabasis Projek (PjBL) untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Trihapsari, Debi. (2020). Pengembangan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Financial Literacy Anak Usia 5-6 Tahun Di Yogyakarta, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ulfa. (2018). Mentradisikan Sikap Ilmiah dalam Pembelajran. Jurnal Biolokus UIN Sumatera Utara

Wida, Fitia. (2023). Pengembangan Buku Panduan Model PjBL dalam Menstimulasi Keterampilan 4C anak Usia 5-6 Tahun. Jambi: Universitas Jambi

Widayanti. (2020). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek untuk Guru TK. Kudus. IAIN

Saripah, Widya. (2018). Mentradisikan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Biologi, Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Wiratana, et al. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap KPS dan hasil Belajar sains Siswa SMP. E journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3.

Yapici, Umit, et al. (2021). Using Augmented Reality in Biology Teaching, Malaysia: Malaysian Online Journal Of Educational Technology.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: