Pengembangan WEB PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Dan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Biologi SMA Kelas x

Riswandi Maulana, Wahidin Wahidin, Asep Ginanjar Arip

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan dan keefektifan WEB PBL terhadap peningkatan kemampuan  literasi sains dan kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran biologi.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai bulan Juni 2023. Metode penelitian menggunakan R&D (Research and Development) dengan populasi seluruh kelas X MIPA MAN 7 Tasikmalaya sebanyak 4 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 140 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara simple random sampling yaitu kelas X MIPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA-3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menjukan 1) WEB PBL dapat meningkatkan kemampuan berfikiri kritis siswa dengan menggunakan uji t dependen untuk pretest dan postest di dapatkan nilai thitung = -23,78 dan ttabel = 1,20 sehingga kesimpulan hipotesis yang di dapat ada peningkatan, 2) WEB PBL dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan uji t dependen untuk pretest dan postest di dapatkan nilai thitung = -34,31 dan ttabel = -2,04 sehingga kesimpulan hipotesis yang di dapat ada peningkatan, 3) WEB PBL layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli IT dan ahli materi pembelajaran, serta respon siswa yang menunjukan respon positif terhadap penggunaan WEB PBL. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan  keterampilan literasi sains dan keterampilan berfikir kritis siswa  yang menggunakan WEB PBL pada materi system saraf di MAN 7 Tasikmalaya, serta WEB PBL mampu memberikan fasilitas bagi siswa dalam melaksanakan pembelajaran, dalam hal investigeasi, menuangkan gagasan, meningkatkan kemampuan birifikir dan memecahkan masalah.

Keywords


Web PBL, Literasi Sains, Berfikir Kritis, Sistem saraf

References


Alatas, Fathiah, and Laili Fauziah. 2020. “Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Pada Konsep Pemanasan Global.” JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) 4(2):102. doi: 10.31331/jipva.v4i2.862.

Arizen, Aga, and S. Suhartini. 2020. “Mobile Learning Student Worksheet Based on Socio-Scientific-Issues: Enhancing Students’ Scientific Literacy Skills in Biology.” JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia) 6(1):15–24. doi: 10.22219/jpbi.v6i1.11196.

Arohman, Mamat, and Didik Priyandoko. 2016. Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Ekosistem. Vol. 13. Bandung.

Cahyani, Halimah Dwi, Agnes Herlina Dwi Hadiyanti, and Albertus Saptoro. 2021. “Peningkatan Sikap Kedisiplinan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(3):919–27. doi: 10.31004/edukatif.v3i3.472.

Gormally, Cara, Peggy Brickman, and Mary Lut. 2012. “Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS): Measuring Undergraduates’ Evaluation of Scientific Information and Arguments.” CBE Life Sciences Education 11(4):364–77. doi: 10.1187/cbe.12-03-0026.

Kemendikbud. 2021. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Direktoral Jendral Sekolah Dasar dan Menengah.

Setyawan, Muhammad, and Henny Dewi Koeswanti. 2021. “Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar.” 9(3):489–96.

Yuni, Etistika, Wijaya ;. Dwi, Agus Sudjimat, and Amat Nyoto. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Vol. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: