Pengaruh Pengembangan Literasi Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik

Komarudin Komarudin, Muammar Muammar, Farhan Saefudin Wahid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengembangan literasi pembelajaran IPA yang dilakukan melalui kegiatan menyanyikan lagu planet tata surya. Metode penelitian ini menggunakan true experimental design, dengan pengumpulan data berupa kuesioner angket dan postest. Hasil pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengembangan literasi pembelajaran IPA terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik, dapat dilihat dari saat kegiatan peserta didik sangat antusias dan semangat menyanyikan lagu, menyusun gambar pohon literasi dan bermain tebak soal dengan penuh semangat dan hasil uji hipotesis yang diperoleh yaitu nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000, dimana 0,00 < 0,05. Terdapat pengaruh perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol motivasi belajar peserta didik kelas V pada penggunaan pengembangan literasi pembelajaran IPA

Keywords


hasil belajar, literasi, motivasi, pembelajaran IPA

References


Arima, Mendi Tutut; Amaliyah, Nurhadifah; Abustang, Perawati Bte; Alam, Syamsul;. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Inpres Bangkala Iii Kota Makassar. Jurnal Pendas Mahakam, 105-110.

Harahap; Anjani; Sabrina;. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa.Indonesian. Journal of Intellectual Publication, 198-203.

Lestari, Frita Dwi; Ibrahim, Muslimin; Ghufron, Syamsul; Mariati, Pance.;. (2021). Pengaruh Budaya Literasi Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnalbasicedu, 5087-5099.

Prianto, Tamara Ade;. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Motivasi Dan Gaya Belajar Siswa Kelas IV SDN 86 Pekan Baru. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Puspita, Ari Metalin Ika; Purwo, Suciati;. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal Of Islamic Primary Education, 1-7.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarumasely, Yowelna. (2020). Pengaruh Selft Regulated Learning Dan Literasi Digital Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Tangkoleh Putai, 191-214.

Wahid, Farhan Saefudin; Purnomo, Agus;. (2020). Kajian Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar Ramah Anak Di Kabupaten Brebes. Syntax Idea, 48-54.

Wirdayani, Andi; Kune, Syarifuddin; Shaleh, Sitti Fithriani;. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar IPA Group V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 133-142.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: