Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Pemberdayaan Warga Sekolah

Kamaludin Kamaludin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran peranan kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam pemberdayaan warga sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisa peranan kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam pemberdayaan warga sekolah. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan, yaitu pada bulan September 2022 sampai dengan Februari 2023, dengan tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri yang berlokasi di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan dalam memberikan bimbingan pengembangan profesi bagi guru, bimbingan pengembangan minat dan bakat bagi siswa, dan melakukan pemberdayaan bagi warga sekolah dalam bentuk penciptaan keunggulan kompetitif bagi sekolah dengan pengembangan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah, penciptaan sekolah yang efektif dengan pelayanan prima berdasarkan kemampuan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah, dan pemikir strategis dengan mempertimbangkan masukan dari warga sekolah menghadapi kebutuhan dan tuntutan perkembangan zaman.

Keywords


Kepala Sekolah, Pemimpin Perubahan, Pemberdayaan, Warga Sekolah

References


Androniceanu, A., Ristea, B., & Uda, M. M. (2015). Leadership Competencies for Project Based School Management Success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 232–238. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.760

Bandur, A. (2012). School‐based management developments: challenges and impacts. Journal of Educational Administration, 50(6), 845–873. https://doi.org/10.1108/09578231211264711

Bektas, C., & Sohrabifard, N. (2013). Terms of Organizational Psychology, Personnel Empowerment and Team Working: A Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 82, 886–891. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.366

Carmeli, A., Reiter-Palmon, R., & Ziv, E. (2010). Inclusive Leadership and Employee Involvement in Creative Tasks in the Workplace: The Mediating Role of Psychological Safety. Creativity Research Journal, 22(3), 250–260. https://doi.org/10.1080/10400419.2010.504654

Håkansson Lindqvist, M., & Pettersson, F. (2019). Digitalization and school leadership: on the complexity of leading for digitalization in school. The International Journal of Information and Learning Technology, 36(3), 218–230. https://doi.org/10.1108/IJILT-11-2018-0126

Harris, A., & Spillane, J. (2008). Distributed leadership through the looking glass. Management in Education, 22(1), 31–34. https://doi.org/10.1177/0892020607085623

Hatcher, R. (2005). The distribution of leadership and power in schools. British Journal of Sociology of Education, 26(2), 253–267. https://doi.org/10.1080/0142569042000294200

Jahanian, R., & Ebrahimi, M. (2013). Principles for Educational Supervision and Guidance. Journal of Sociological Research, 4(2), 380. https://doi.org/10.5296/jsr.v4i2.4562

Jamali, Y. (2018). Manajemen Pengelolaan Konflik Di Sekolah. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 1(1), 113–131. https://doi.org/10.32923/kjmp.v1i1.903

Kamaludin, K. (2022). Identifikasi Manajemen Strategis Pada Sekolah Dasar Negeri di Era Disruptif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 278–289. http://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/50

Kartika, K., Prasetia, I., & Sulasmi, E. (2023). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah: Analisis Keterlibatan Stakeholders di Perguruan Ahmad Yani Binjai. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 4(3), 234–244. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v4i3.15432

Kilminster, S., Cottrell, D., Grant, J., & Jolly, B. (2007). AMEE Guide No. 27: Effective educational and clinical supervision. Medical Teacher, 29(1), 2–19. https://doi.org/10.1080/01421590701210907

Leden, T. M. (2014). Exploring Teacher Perceptions of High School Principals’ Decision-Making Within a School Setting. In ProQuest Dissertations and Theses.

Lumby, J. (2013). Distributed Leadership. Educational Management Administration & Leadership, 41(5), 581–597. https://doi.org/10.1177/1741143213489288

Muslim, A. (2020). Manajemen Konflik Interpersonal Di Sekolah. Jurnal Paedagogy, 1(1), 17–25.

Nurani, D. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Kemampuan Profesional Guru Terhadap Mutu Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Kecamatan Cikoneng, Ciamis). Jurnal Wahana Pendidikan, 8(2), 211. https://doi.org/10.25157/wa.v8i2.5700

Piotrowski, C. L. (2006). Quantum empowerment: A grounded theory for the realization of human potential. In ProQuest Dissertations and Theses.

Project Tomorrow. (2018). The new learning leader: The emerging role of the agile school principal as digital evangelist and instructional leader. In 2018 Digital Learning Report from Blackboard and Speak Up.

Randel, A. E., Galvin, B. M., Shore, L. M., Ehrhart, K. H., Chung, B. G., Dean, M. A., & Kedharnath, U. (2018). Inclusive leadership: Realizing positive outcomes through belongingness and being valued for uniqueness. Human Resource Management Review, 28(2), 190–203. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2017.07.002

Sainger, G. (2018). Leadership in Digital Age: A Study on the Role of Leader in this Era of Digital Transformation. International Journal on Leadership, 6(1), 1–6.

Seong, D. N. F., & Ho, J. M. (2012). How leadership for an ICT reform is distributed within a school. International Journal of Educational Management. https://doi.org/10.1108/09513541211251370

Shaffer, D. W., Nash, P., & Ruis, A. R. (2015). Technology and the new professionalization of teaching. Teachers College Record, 117(12).

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Vally, G. V. S., & Daud, K. (2015). The Implementation of School Based Management Policy: An Exploration. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 693–700. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.421

Wiryatmo, R. D. (2022). Implementasi Manajemen Konflik Dalam Kebijakan Sekolah Adiwiyata. Satya Widya, 38(1), 48–56. https://doi.org/10.24246/j.sw.2022.v38.i1.p48-56

Workman-Stark, A. L. (2017). Inclusive Leadership. In Advanced Sciences and Technologies for Security Applications (pp. 167–188). https://doi.org/10.1007/978-3-319-53309-4_9

Zahara, Z., & Sinurat, E. J. (2023). The Influence of Principal Performance and Teacher Work Discipline in Increasing The Quality Of Education. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 8(5), 344–348. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/issue/view/1214




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: