Strategi Pengambilan Keputusan Dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam

Sevi Lestari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kepala sekolah dalam mengambil keputusan, hal ini mengakibatkan banyak dampak negatif dari kesalahan dalam menentukan kebijakan dan pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami tentang strategi pengambilan keputusan, dan menggali aspek-aspek yang menjadi dasar pertimbangan bagi seorang kepala satuan pendidikan (kepala sekolah) untuk mengambil keputusan baik keputusan operasional maupun keputusan strategis yang berdampak pada masa depan satuan pendidikan terutama peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan. Metode dan jenis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan studi pustaka (library reseach) dengan mengumpulkan buku-buku, jurnal dan hasil penelitian terdahulu yang mendukung tema penelitian. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Tahapan dimulai dengan melakukan reduksi data dari sumber kepustakaan, kemudian mengorganisasi dan memaparkan data, melakukan verifikasi kemudian diakhiri dengan menyimpulkan data untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki kemampuan dan strategi dalam mengambil keputusan yang akan berdampak pada kemajuan sekolah secara keseluruhan. kepala sekolah dapat mengambil keputusan dengan langkah sebagai berikut; 1. Mengidentifikasikan suatu masalah. 2. Memperjelas dan menyusun prioritas sasaran-sasaran. 3. Menciptakan pilihan-pilihan. 4. Memilih pilihan dengan konsekuensi-konsekuensi dengan sasaran-sasaran.

Keywords


Strategi, Pengambilan Keputusan, Kepemimpinan, Pendidikan Islam

References


Acih, A., Nu’man, A. H., & Kusnadi, H. D. (2023). The Effect Of Leadership Human Resources Capabilities And Job Satisfaction On Employee Performance. Asian Journal of Engineering, Social and Health, 2(2), 107–117. https://doi.org/10.46799/ajesh.v2i2.35

Adnan, R. S., Anam, F. K., & Radhiatmoko, R. (2021). The Vuca era creates COVID-19 Pandemic in Indonesia being complicated. Sosiohumaniora, 23(3), 437–447.

Agung, A., Firdaus, M. A., & Rosadi, U. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru PAI di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 400–411.

Aisyafarda, J., & Sarino, A. (2019). Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Sebagai Determinan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 228. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18018

Ajefri, F. (2017). Efektifitas Kepemimpinan Dalam Manajemen Berbasis Madrasah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 99–119.

Alwi, S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia (2nd ed.). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Arifin, M., & Elfrianto. (2017). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Medan: UMSU Press.

Arifin, Z. (2015). Kepemimpinan Kiai dalam Ideologisasi Pemikiran Santri di Pesantren-Pesantren Salafiyah Mlangi Yogyakarta. Inferensi, 9(2), 351. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.351-372

Asnawir. 2006. Manajemen Pendidikan. Padang: IAIN IB Press.

Banjarnahor, A. R., Triharjono, B. A., Lie, D., Tjahjana, D., Harizahayu, H., Cecep, H., … Sari, O. H. (2021). Teori Desain Organisasi.

Basyar, A. (2016). Pentingnya Peran Pemimpin Dalam Permasalahan Sosial. An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 1–16.

Bennett, A., & Burke, P. J. (2018). Re/conceptualising time and temporality: An exploration of time in higher education. Discourse: Studies in the Cultural Politics of Education, 39(6), 913–925.

Dubrin, Andrew. J. (2005). The Complete Ideal’s Guides Leadership. Jakarta: Prenada.

Echols, J. M., & Shadily, H. (1990). Kamus Inggris-Indonesia (X). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Etzioni, A. (1961). Complex Organization: A Sociological Reader. New York: Rine Hart & Winston.

Fiedler, F. E. (1967). A Theory of Leadership Effectiveness. New York: McGraw-Hill.

Firdaus, M. A., & Erihadiana, M. (2022). Manajemen Peserta Didik Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 41–54.

Hargreaves, A., Morton, B., Braun, H., & Gurn, A. M. (2014). The changing dynamics of educational judgment and decision making in a data-driven world. In Decision Making in Educational Leadership (pp. 3–20). Routledge.

Hersey, P., & Blanchard, K. H. (1982). Leadership style: Attitudes and behaviors. Training & Development Journal, 36(5), 50–52.

Hifza, H., Suhardi, M., Aslan, A., & Ekasari, S. (2020). Kepemimpinan pendidikan islam dalam perspektif interdisipliner. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 46–61.

Hindun, H. (2015). Perencanaan strategis dan prilaku manajerial lembaga-lembaga pendidikan. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 6, 56645.

Jenlink, P. M. (2014). Decision Making in Educational Leadership: Principles, Policies, and Practices. In S. Chitpin & C. W. Evers (Eds.), Ethical Decision Making in Leadership: A Moral Literacy Perspective (1st ed., p. 244). New York: Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203757277

Johnson Jr., B. L., & D Kruse, S. (2012). Decision Making for Educational Leaders. New York: State University of New York Press.

Johnson Jr., B. L., & D Kruse, S. (2019). Educational Leadership, Organizational Learning, and the Ideas of Karl Weick. New York: Routledge.

Katz, D., & Kahn, R. L. (2006). The Social Psychology Of Organizations. New York: Wiley.

Kusnadi, D. (2017). Pengambilan keputusan dalam perilaku organisasi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 15(2), 52–62.

Magee, J. F. (1964). Decision Trees for Decision Making. Cambridge: Harvard Business Review.

Mohune, P., & Tola, B. (2019). Proses Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah dalam Pencapaian Visi dan Misi Pendidikan. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 111–127.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukherjee, S. P. (2021). Decision-making: Concepts, methods and techniques. India: SAGE Publishing.

Murtiningsih, M., & Lian, B. (2017). Proses pengambilan keputusan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru SMP. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 87–96.

Permadani, D. R., Maisyaroh, M., & Mustiningsih, M. (2018). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pembuatan keputusan. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 320–326.

Purwanto, N. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rohaety, E. (2010). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarat: Bumi Aksara.

Sinaga, D. M. (2023). Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2899–2907.

Sirojudin, D. (2019). Relevansi Pembuatan Keputusan Dalam Organisasi Pendidikan Islam. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 4(2), 65–78.

Stoner, J. A. F., & Winkel, C. (1993). Perencanaan dan Pengambilan Keputusan dalam Manajemen. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syafril, & Zen, Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (1st ed.). Jakarta: Kencana.

Syamsul, H. (2017). Penerapan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Terry, G. R. (2003). Prinsip Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Winoto, S. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan (1st ed.). Yogyakarta: Bildung.

Yuliatika, D., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengambilan Keputusan Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2944–2951.

Zahroh, A. (2019). Pengambilan keputusan di pesantren. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–19.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i2.11864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: