Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ekonomi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustin, T., Ruhyanto, A., Agustin, R., & Yanti, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2). https://jurnal.unigal.ac.id/J-KIP/article/view/6166
Harianja, L. N., Sibagariang, S. A., & Margareta, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pematangsiantar. Jurnal Darma Agung, 30(2). https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2182
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Istarani. (2019). 50 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.
Kenedi, J., & Safitri, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Plampang. Jurnal Kependidikan, 6(2), 34–39. http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/671
Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 9(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/SPEJ/article/view/333
Mahdalena, S., & Sain, M. (2020). Jurnal Mahdalena, 2020. Jurnal Pendidikan, 1(1), 118–138. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/asatiza/article/view/63
Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar . Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3349
Mulyani, S. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Cooperative Script dan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Perubahan Linkungan Kelas X SMA Negeri 11 Maros. In Universitas Muslim Maros (Vol. 1).
Nande, M., Banda, Y. M., & Mbaru, Y. (2021). Penerapan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dengan Model Pembelajaran Cooperative Script. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 396–403. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.319
Nuryani, & Suwirta, U. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2). https://jurnal.unigal.ac.id/J-KIP/article/view/6164
Rosita, I., & Leonard. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/108
Rusman. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT. Rajagrifindo Persada.
Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1). http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/221
Septi Astuti, A. (2023). Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Mojolaban Pada Pembelajaran Ekonomi. Journal on Education, 05(04). https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2142
Sihombing, L., Gultom, B. T., & Margareta, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swata Kartika 1-4 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9688
Sinurat, L., Sidabutar, H., & Ridho, M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Koperatif Tipe Script Dan Think Pair Share Pada Materi Struktur Tumbuhan. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.
Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Kencana Perdana Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.12223
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: