Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Eva Fadilla Hardiani, Rini Agustin Eka Yanti

Abstract


Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah faktor eksternal berupa instrumen pembelajaran. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal, diperlukan penggunaan instrumen pembelajaran berupa model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik. Peneliti berasumsi bahwa model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tipe Cooperative Script. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan analisis uji t dan pengujian N-Gain. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan simpulan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Cooperative Script.

Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Cooperative Script

References


Agustin, T., Ruhyanto, A., Agustin, R., & Yanti, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2). https://jurnal.unigal.ac.id/J-KIP/article/view/6166

Harianja, L. N., Sibagariang, S. A., & Margareta, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pematangsiantar. Jurnal Darma Agung, 30(2). https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2182

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Istarani. (2019). 50 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.

Kenedi, J., & Safitri, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Plampang. Jurnal Kependidikan, 6(2), 34–39. http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/671

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 9(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/SPEJ/article/view/333

Mahdalena, S., & Sain, M. (2020). Jurnal Mahdalena, 2020. Jurnal Pendidikan, 1(1), 118–138. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/asatiza/article/view/63

Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar . Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3349

Mulyani, S. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Cooperative Script dan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Perubahan Linkungan Kelas X SMA Negeri 11 Maros. In Universitas Muslim Maros (Vol. 1).

Nande, M., Banda, Y. M., & Mbaru, Y. (2021). Penerapan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dengan Model Pembelajaran Cooperative Script. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 396–403. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.319

Nuryani, & Suwirta, U. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2). https://jurnal.unigal.ac.id/J-KIP/article/view/6164

Rosita, I., & Leonard. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/108

Rusman. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT. Rajagrifindo Persada.

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1). http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/221

Septi Astuti, A. (2023). Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Mojolaban Pada Pembelajaran Ekonomi. Journal on Education, 05(04). https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2142

Sihombing, L., Gultom, B. T., & Margareta, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swata Kartika 1-4 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9688

Sinurat, L., Sidabutar, H., & Ridho, M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Koperatif Tipe Script Dan Think Pair Share Pada Materi Struktur Tumbuhan. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Kencana Perdana Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.12223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: