Peran Lembaga Pers Mahasiswa Untan Dalam Sejarah Pergerakan Media Massa Di Kalimantan Barat Pasca Reformasi 1999-2005

Umi Tartilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pers mahasiswa di Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak berkembang setelah Reformasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari pengumpulan data (heuristik), kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menemukan fakta  bahwa LPM Untan (Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Tanjungpura) ikut berperan menyumbang gagasan dalam menyampaikan kritik kepada pemerintah pasca reformasi. Hasil penelitian menunjukkan, media pers mahasiswa Universitas Tanjungpura (Untan) memiliki lebih heterogen dalam memandang isu. Pers mahasiswa Untan setelah Reformasi cenderung menjauhkan diri dari politik dan Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (OMEK) demi independensi. Selain itu Lembaga Pers Mahasiswa  Universitas Tanjungpura (LPM Untan) berperan sebagai media mengekrpresikan seni mahasiswa, media transfer ilmu pengetahuan, dan alat control terhadap kebijakan-kebijakan kampus. Hal ini dapat dilihat dari terbitan produk LPM Untan dalam bentuk tabloid dan majalah yang mengangkat permasalahan yang dihadapi masyarakat seperti kebijakan pemerintah pada perekonomian dan infrastruktur di Kalimantan Barat. 

Keywords


Media Masa, Pers Mahasiswa, Sejarah Pergerakan, Reformasi

References


Albatch, P. G. (1988). Politik dan Mahasiswa Perspektif dan Kecenderungan Masa Kini (H. Sulistyo, Terjemahan). Jakarta: Gramedia bekerja sama dengan Yayasan Api.

Arismunandar, S. (2005). Bergerak! Peran Pers Mahasiswa dalam Penumbangan Rezim Soeharto . Yogyakarta: Genta Press.

Atmakusumah. (2009). Tuntutan Zaman Kebebasan Pers dan Ekspresi. Jakarta: Spasi & VHR Book.

Daliman, A. (2015). Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Fathoni, M., Riyanto, D. G D., Kelana, F., Susilo, E. (2012). Menapak Jejak Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia. Depok: Komodo Books .

Gottschalk, Louis. 2015. Mengerti Sejarah. Jakarta: UI-Press.

Jacob Utama, Drs, Pers Kampus dan Pers Umum, Paper dalam Panel Diskusi Pers Mahasiswa

Kuntowijoyo. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah. Bandung: Bentang.

Siregar, A. E. . (1983). Pers Mahasiswa Indonesia Patah Tumbuh Hilang Berganti. Jakarta: Karya Unipress.

Utomo, W. P . (n.d.). Skripsi Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada . Pers Mahasiswa Menolak Komersialisasi Pendidikan: Analisis Wacana Berita Balairung, Catatan Kaki, dan Suara USU Tahun 200-2005 Pasca Penetapan Pendidikan Tinggi sebagai Badan Hukum.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.12455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: