Analisis Tindak Tutur Direktif Dan Representatif Dalam Siaran Youtube CNN Indonesia Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Teks Berita Jenjang SMP

Gilang Aulia Paramitha, Wienike Dinar Pratiwi, Roni Nugraha Syafroni

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan fungsi tindak tutur direktif dan fungsi tindak tutur representatif dalam siaran YouTube CNN Indonesia, serta menyusun bahan ajar teks berita jenjang SMP sebagai pemanfaatan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Subjek penelitian siaran YouTube CNN Indonesia. Sumber data penelitian tiga video dengan tema berbeda yang disiarkan kanal YouTube CNN Indonesia. Teknik pengumpulan data memanfaatkan teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik simak, teknik catat, dan teknik transkrip. Teknik analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ditemukan empat fungsi tindak tutur direktif dan empat fungsi tindak tutur representatif. Empat fungsi tindak tutur direktif yang ditemukan, meliputi 10 tindak tutur meminta, 37 tindak tutur bertanya, 6 tindak tutur perintah, dan 8 tindak tutur menasehati. Empat fungsi tindak tutur representatif yang ditemukan, meliputi 23 tindak tutur menyebutkan, 17 tindak tutur memberitahukan, 11 tindak tutur menyarankan, dan 23 tindak tutur menunjukkan. Penelitian ini dimanfaatkan sebagai bahan ajar teks berita jenjang SMP. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi oleh guru dalam membuat bahan ajar yang efektif dan menarik.

Keywords


Bahan Ajar, Teks Berita, Tindak Tutur Direktif, Tindak Tutur Representatif

References


Bangun, E. P., A Koagouw, F. V. I., & Kalangi, J. S. (2019). Analisis Isi Unsur Kelengkapan Berita Pada Media Online Manadopostonline.com. Acta Diurna Komunikasi, 1(3), 4–13. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25560

CNNIndonesia. (2021). Menyambung Asa di Desa Tak Berlistrik. https://www.youtube.com/watch?v=OXpUXjXZKug&t=40s

CNNIndonesia. (2022a). Eksotisme Semenanjung Timur Sulawesi. https://www.youtube.com/watch?v=StxF_tVdFKw&t=197s

CNNIndonesia. (2022b). Pro & Kontra Rencana Kenaikan Harga BBM Bersubsidi. https://www.youtube.com/watch?v=17rt7DJVZJU

Hartati, D., & Karim, A. A. (2023). Identitas Kuliner Nusantara dalam Kumpulan Puisi Aku Lihat Bali Karya Mas Triadnyani. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 12(1), 24–36.

Hartati, D., Kurniasih, K., & Karim, A. A. (2023). Kajian Ekologi Sastra dalam Kumpulan Cerpen Tentang Desir Karya Gladhys Elliona. JURNALISTRENDI: JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN, 8(1), 20–30. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v8i1.1471

Jumriah. (2023). Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Wihdatul Ummah Kolaka dalam Menentukan Unsur-Unsur Teks Berita. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 1449–1460.

Karim, A. A., & Hartati, D. (2022). Pemanfaatan Teks Sastra Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter. KOLASE, 1(2), 56–68. https://journal.unsika.ac.id/index.php/kolase/article/view/8800

Karim, A. A., & Meliasanti, F. (2022). Religiositas Alam dalam Kumpulan Puisi Hujan Meminang Badai Karya Tri Astoto Kodarie. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 63. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.41424

Karim, A. A., & Wardani, A. I. (2022). Pemanfaatan Teks Drama Sebagai Penanaman Karakter Pada Kelas Hybrid. Seminar Nasional 2022 Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 1, 242–250.

Karim, A. A., Firdaus, M. Y., Dewi, R. K., Yuliani, Y., & Hartati, D. (2021). Pemanfaatan Metode Impresif Terhadap Proses Pengembangan Karakter Siswa. SeBaSa, 4(2), 152–166. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/sbs.v4i2.3947

Karim, A. A., Mujtaba, S., & Hartati, D. (2023). Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Cerita Rakyat Karawang Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Al Muhajirin Tegalwaru. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(1), 47–58.

Karim, A. A. (2022). Kajian Struktur dan Konteks dalam Cerita Rakyat Mbah Bongkok serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Cerita Rakyat Jenjang SMP. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Khairina, A. M. N. (2020). Tindak Tutur Direktif, Representatif, dan Ekspresif pada Artikel Rubrik Wawancara dalam Surat Kabar Online Tirto.id Edisi Tahun 2019. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Maesaroh, S. (2017). Tindak Tutur Direktif Langsung Literal Guru pada Pembelajaran Teks Eksposisi di Kelas X IPS-3 SMA Negeri 3 Boyolali (Literal Directive Speech Act in Exposition Text Learning in Class X IPS-3 SMA Negeri 3 Boyolali). Jalabahasa, 13(2), 109–120.

Munawaroh, S., Karim, A. A., & Setiawan, H. (2022). Senyapan dan Selip Lidah dalam Acara Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang 2020. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2306–2315. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2474

Nurfitriani, A. I., Karim, A. A., Hartati, D., & Pratiwi, W. D. (2022). Dokumentasi Sosial dalam Kumpulan Cerita Pendek #ProsaDiRumahAja. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1315–1322. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2143

Pratiwi, W. D., & Karim, A. A. (2022). Retorika Pembawa Acara X Factor Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 953–971. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.3057

Ramadhania, A. D., Karim, A. A., Wardani, A. I., Ismawati, I., & Zackyan, B. C. (2022). Revitalisasi Sasakala Kaliwedi ke dalam Komik sebagai Upaya Konservasi Cerita Rakyat Karawang. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3531–3540. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2655

Widyastuti, I., & Utomo, A. P. Y. (2020). Tindak Tutur Direktif, Ekspresif, Deklarasi Dalam Video Channel Youtube Kisah Tanah Jawa Pada Episode Gerbang Antar Dimensi Bulan Februari 2020. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia Dan Pembelajaran, 7(1), 85–95.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.12572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: