Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa SMP

Siti Nahria Hasan, Haryati Mahyudin, Nurhalisa H Dahlan

Abstract


Era revolusi industri 5.0 dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, literasi sains sangat penting bagi siswa. Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika merupakan salah satu upaya penguatan literasi sains berbasis permainan tradisional dalam lingkungan sekitarnya. Permainan tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Ternate memiliki hubungan dengan materi fisika di sekolah menengah padamateri momentum dan implus. Penalitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan pembelajaran majalah fisika berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan literasi sains pada siswa SMP, (2) Peningkatan literasi sains melalui pembelajaran majalah  fisika berbasis permainan tradisional di SMP IT Nurul Hasan Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R and D).Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan majalah fisika berbasis permainan tradisional kebutuhan siswa dan kurikulum sekolah. Siswa terlibat dalam proses pembelajaran dengan melibatkan validator ahli. Uji coba lapangan dengan metrik gain scor. Hasilnya dievaluasi untuk memastikan uji coba efektif dan relevan.  Majalah pembelajaran fisika berbasis permainan tradisional dapat meningkatkan literasi sains siswa di SMP IT Nurul Hasan Kota Ternate. Hasil validator ahli menunjukkan sangat baik dengan skor keseluruhan 4,48. Uji coba lapangan menunjukkan pemahaman konsep ilmiah yang tinggi sebesar 0,78. Dengan demikian majalah fisika berbasis permainan tradisional layak untuk digunakan, khusunya pada materi momentum dan impuls karena menarik dan inovatif. 

Keywords


media pembelajaran, majalah fisika, permainan tradisional; literasi sains

References


Hutasoit, S. A. (2021). Pembelajaran Teacher Centered Learning ( TCL ) Dan Project Based Learning ( PBL ) Dalam Pengembangan Kinerja Ilmiah dan Peninjauan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(10).

Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682

Nurhasanah, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Majalah Fisika “Physicsmagz” Berbasis Contextual Learning Untuk Meningkatakan Kemampuan Literasi Sains. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1), 53. https://doi.org/10.32699/spektra.v6i1.129

Prasetyaningsekti, S. D. M., Nuroso, N., & Kurniawan, A. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika (e-physics) Berbasis Aplikasi Android. Prosiding Seminar Nasional Lontar Physics Forum, 6, 139–146. http://library.upgris.ac.id

Rusilowati, A. (2018). Asesmen Literasi Sains: Analisis Karakteristik Instrumen dan Kemampuan Siswa Menggunakan Teori Tes Modern Rasch Model. Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Riau Ke-3, September, 2–15. https://snf.fmipa.unri.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/0.-300B-2-15NI.pdf

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Alfabeta.

Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Pascasarjana UNY.

Suparno. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Grasindo.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694.

Triyogantara, N. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika “Phisicsmags” Berbasis Clenovio APPS Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Umah, U., Purwandari, & Sasono, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar siswa. Makalah Pendamping: Seminar NAsional Pendidikan Fisika IV, 198–203.

Widowati, K., Ayuningtyas, F., Fauziyah, A. Z., Handayani, D., Nur, K., Gusti, K., Amaratunnisa, L. N., & Himmatul ’aaliyyah, M. (2023). Permainan Tradisional Perepet Jengkol Dan Manfaatnya Untuk Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 73–78. https://doi.org/10.25157/jwp.v%25vi%25i.9522




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.12583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: