Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Geografi (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Panumbangan)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Benardi, A.I dan Romadhoni, Y.A. (2018). Evaluasi Kompetensi Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Geografi dan IPS di SMP N 1 Karimunjawa, MTs dan MA NU Safinatul Huda Pulau Karimunjawa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 1 – 5.
Dewi, S.R., Ernawati., dan Surtani. (2018). Analisis Implikasi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada RPP Mata Pelajaran Geografi di SMA N Kota Payakumbuh. Jurnal Buana, 2(4), 235 – 248.
Hidayat, E.W dan Utami, W.S. (2019). Kajian Mata Pelajaran Geografi Sebagai Bekal Peserta Didik untuk Menghadapi Tuntutan Pembelajaran Abad 21 di SMA Surabaya. Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1).
Noviana, D.S., Sumadi., dan Nugraheni, I.L. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Geografi, 3(2), 1 – 12.
Nur’aini, R.D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. Inersia, 16(1), 92 – 104.
Nurohmah, A., Kartini, D., dan Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka dengan Pendidikan Abad 21 pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 24 – 35.
Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohodi, UI-Press.
Putri, Y.S dan Arsanti, M. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Pemulihan Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4, ISBN: 978-623-6264-07-2.
Rosfiantika, E., Mahameruaji, J.N., dan Permana, R.S.M. (2017). Representasi Yogyakarta dalam Film Ada Apa Dengan Cinta 2. ProTVF, 1(1), 47 – 60.
Rusandi dan Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Jurnal Al-Ubudiyah, 2(1), 1 – 13.
Susilawati, S.A dan Sochiba, S.L. (2022). Pembelajaran Outdoor Study dalam Mata Pelajaran Geografi: Systematic Review. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 27(1), 51 – 62.
Wibawa, K.A., Legawa, I.M., Wena, I.M., Seloka, I.B., & Laksmi, A.A.R. (2022). Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Direct Interactive Workshop. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 489 – 496.
Yuhasnil. (2020). Pradigma Mentalitas Guru yang Berkelimpahan (Profil Pendidik di Masa Depan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 101 – 115.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.12709
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: