Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Geografi (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Panumbangan)

Rita Sulastini, Yogi Sudrajat, Dan Artadinan, Hudda Adhiprasiano

Abstract


Kurikulum merdeka akan dilaksanakan secara nasional pada tahun 2024. Kurikulum merdeka menuntut guru untuk mampu merumuskan kompetensi, orientasi, dan konteks yang hendak dicapai dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada guru mata pelajaran geografi di SMAN 1 Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Guru geografi yang hanya berjumlah satu orang harus melaksanakan berbagai tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kesiapan guru geografi di SMA N 1 Panumbangan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan model interaktif meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman guru mata pelajaran geografi terkait kurikulum merdeka masih perlu ditingkatkan. Pemahaman masih sebatas konsep dan aturan dimana pemahaman konteks dan praktik masih belum maksimal. Indikator penilaian meliputi: pemahaman konsep, klasifikasi proyek, pemberian contoh proyek, dan saat menyajikan proyek. Tingkat kesiapan berdasarkan indikator mental guru, modul ajar, serta teori dan konteks projek masih termasuk kategori belum siap. Berdasarkan fakta tersebut diperlukan peran MGMP Geografi yang membahas lebih intensif terkait perumusan modul ajar, serta peran kepala sekolah yang setidaknya memberikan pelatihan penyusunan modul ajar dan P5 agar penerapan kurikulum merdeka yang akan datang dapat dilaksanakan dengan baik.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Pemahaman, Kesiapan, Guru Geografi

References


Benardi, A.I dan Romadhoni, Y.A. (2018). Evaluasi Kompetensi Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Geografi dan IPS di SMP N 1 Karimunjawa, MTs dan MA NU Safinatul Huda Pulau Karimunjawa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 1 – 5.

Dewi, S.R., Ernawati., dan Surtani. (2018). Analisis Implikasi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada RPP Mata Pelajaran Geografi di SMA N Kota Payakumbuh. Jurnal Buana, 2(4), 235 – 248.

Hidayat, E.W dan Utami, W.S. (2019). Kajian Mata Pelajaran Geografi Sebagai Bekal Peserta Didik untuk Menghadapi Tuntutan Pembelajaran Abad 21 di SMA Surabaya. Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1).

Noviana, D.S., Sumadi., dan Nugraheni, I.L. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Geografi, 3(2), 1 – 12.

Nur’aini, R.D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. Inersia, 16(1), 92 – 104.

Nurohmah, A., Kartini, D., dan Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka dengan Pendidikan Abad 21 pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 24 – 35.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohodi, UI-Press.

Putri, Y.S dan Arsanti, M. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Pemulihan Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4, ISBN: 978-623-6264-07-2.

Rosfiantika, E., Mahameruaji, J.N., dan Permana, R.S.M. (2017). Representasi Yogyakarta dalam Film Ada Apa Dengan Cinta 2. ProTVF, 1(1), 47 – 60.

Rusandi dan Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Jurnal Al-Ubudiyah, 2(1), 1 – 13.

Susilawati, S.A dan Sochiba, S.L. (2022). Pembelajaran Outdoor Study dalam Mata Pelajaran Geografi: Systematic Review. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 27(1), 51 – 62.

Wibawa, K.A., Legawa, I.M., Wena, I.M., Seloka, I.B., & Laksmi, A.A.R. (2022). Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Direct Interactive Workshop. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 489 – 496.

Yuhasnil. (2020). Pradigma Mentalitas Guru yang Berkelimpahan (Profil Pendidik di Masa Depan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 101 – 115.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.12709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: