Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan SMK Di Era Industri 4.0 (Studi Kasus Di SMK Negeri 4 Kota Tasikmalaya

Endang Komara, Suryana Suryana, Junjun Nugraha Sutisna, Edi Ruslani

Abstract


Revolusi industri 4.0 akan memberikan tuntutan unik pada dunia pendidikan, sehingga institusi perlu menawarkan jalan baru untuk literasi di bidang tersebut. Oleh karena itu, kepala sekolah harus mempunyai strategi kepemimpinan yang tepat untuk menyusun rencana secara terperinci mengenai aspek mutu dan kegiatan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu lulusan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan di era industri 4.0. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk memberikan gambaran secara utuh mengenai segala aspek yang menjadi objek penelitian. Selanjutnya model analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif mulai dari reduksi data, menyajikan data, hingga menarik kesimpulan. Strategi kepemimpinan kepala sekolah SMKN 4 Tasikmalaya dalam peningkatan mutu lulusan adalah mengkombinasikan segala faktor internal dan eksternal sebagai sumber daya potensial yang menunjang pengembangan. Faktor internal yang diberdayakan meliputi guru, siswa, dan sarana prasarana penunjang pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal adalah kerjasama dengan industri melalui technopark untuk memberikan pengalaman belajar kepada siswa sesuai dengan kondisi dunia kerja yang nyata. Sesuai dengan keberhasilan yang telah dicapai saat ini, maka strategi kepemimpinan kepala sekolah yang diperlukan adalah peningkatan kompetensi bagi guru, tenaga kependidikan, dan siswa itu sendiri untuk meningkatkan mutu lulusannya. Kompetensi yang dimaksud berupa sertifikasi kompetensi yang diberikan oleh lembaga berlisensi terpilih seperti Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Keywords


Leadership strategy, headmaster, quality of graduates, students-skills

References


Absor, N.F., Umasih., dan Kurniawati. (2019). Pembelajaran Sejarah di SMK Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang.Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 4(2), 59 – 65.

Arokiasmy, A.R.A., Abdullah, A.G.K., Ahmad, M.Z.S., dan Ismail, A. (2016). Transformational Leadership of School Principals and Organizational Health of Primary School Teachers in Malaysia. Procedia Social and Behavioral Sciences, 229, 151 – 157.

Aziz, M., Haq, A., dan Ertanti, D.W. (2019). Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Attaraqqie Malang. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(3).

Banun, S., Yusrizal., dan Usman, N. (2016). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(1), 137 – 147.

Barnes, T.J. (2013). Big Data, Little History. Dialogues in Human Geography, 3(3), 297 – 302.

Bukit, M. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Kejuruan dari Kompetensi ke Kompetensi. Bandung: Alfabeta.

Devi, A.D. (2020). Analisis Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output Pendidikan di MAN 1 Tulang Bawang Barat. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1 – 13.

Haq, A.M dan Supriyanto. (2021). Pengaruh Program Technopark dan Kinerja Guru Terhadap Kompetensi Peserta Didik di SMK PGRI 1 Gresik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 417 – 432.

Herman, M., Pentek, T., dan Otto, B. (2016). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios. 2016 49th Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS), 3928 – 3937.

Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kim, H., Sefcik, J.S., dan Bradway, C. (2016). Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. Research in Nursing and Health, 40(1), 23 – 42.

Maesaroh, S. (2018). Manajemen Peningkatan Kompetensi Lulusan di Madrasah. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1), 29 – 39.

Muliastrini, N.K.E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1: Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0, 131 – 138.

Nabilah, P., Yahya, M., dan Nurbaiti. (2021). Revolusi Industri 4.0: Peran Teknologi dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis dan Implementasinya. Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya, 9(2), 91 – 98.

Ningsih, N.A. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMK Negeri 1 Sanga Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara. JAP: Jurnal Administrasi Publik, 4(2), 2258 – 2273.

Oktariska, B., Toenlioe, A.J.E dan Susilaningsih. (2018). Studi Kasus Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Siswa di SMKN 6 Malang. Jurnal JKTP, 1(2), 159 – 168.

Polit, D.F. dan Beck, C.T. (2004). Nursing Research: Principles and Methods (7nd edition). Philadelphia, PA: Lippincott Williams & Wilkins.

Ratih, D., Soedjiwo, N.A.F., dan Libriyanti, Y. (2020). Peran Kualifikasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MI Kalifa Nusantara Tahun Pelajaran 2019-2020. Widya Balina: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi, 5(2), 1 – 12.

Rusandi dan Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Jurnal Al-Ubudiyah, 2(1), 1 – 13.

Saggaf, M.S., Wahyuddin, B.A., Akib, H., dan Nasrullah, M. (2018). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMK Panca Sakti Makassar. Jurnal Office: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 4(2), 53 – 62.

Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., dan Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(1), 20 – 29.

Sholihah, E dan Irwansyah. (2020). Pemanfaatan Informasi dari Big Data Oleh Underwriter pada Peer to Peer Lending. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(1), 60 – 77.

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Jurnal Harmonia, 11(2), 173 – 179.

Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952 – 962.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.12884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: