Pengembangan Media Ludo Zimba Pada Materi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Kauman

Feri Budi Setyawan, Gita Sastro

Abstract


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan pendidikan kesehatan yang salah satu indikatornya mengkonsumsi makanan sehat. Di jenjang SD mengkonsumsi makanan sehat merupakan materi yang terdapat dalam Kurikulum 2013 Kelas III. Pemahaman siswa terhadap materi mengkonsumsi makanan sehat masih kurang. Oleh karena itu dibutuhkannya media pembelajaran yang efektif terkait materi mengkonsumsi makanan sehat dengan melakukan pengembangan media Ludo Zimba pada materi PHBS untuk siswa kelas III di SD Muhammadiyah Kauman. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan langkah-langkah pengembangan media dan menilai kualitas media menurut para ahli, kelayakan menurut guru, dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian ini adalah: (1) media Ludo Zimba telah berhasil dikembangkan sesuai dengan langkah-langkah model ADDIE; (2) hasil penilaian kualitas media dari para ahli berupa: a). ahli media = 95 dengan kriteria “Sangat Baik”, b). ahli materi = 96 dengan kriteria “Sangat Baik”, c) ahli pembelajaran = 92 dengan kriteria “Sangat baik”; (3) Hasil penilaian kelayakan media dari guru olahraga = 96 dengan kriteria “Sangat Baik; (4) Hasil penilaian kelayakan dari respon siswa = 88 dengan kriteria “Sangat Baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media Ludo Zimba dinyatakan berkualitas dan sangat layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.

Keywords


Pengembangan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Media Ludo Zimba

References


Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Dyna, F., Putri, V. D., & Indrawati, D. (2018). Hubungan Perilaku Komsumsi Jajanan Pada Pedagang Kaki Lima Dengan Kejadian Diare. Jurnal Endurance, 3(3), 524–530. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.3097

Eswadi. (2018). Peningkatan pemahaman perilaku hidup bersih dan sehat menggunakan media wayang kreasi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 1 Ta, 21–29.

Frisca Siahaan, R. (2017). Mengawal Kesehatan Keluarga Melalui Pemilihan Dan Pengolahan Pangan Yang Tepat. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2), 57–64. https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8775

Kebudayaan, K. P. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. 3(2), 1–335.

Kemensos RI. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) penguatan kapabilitas anak dan keluarga. Penguatan Kapabilitas Anak Dan Keluarga, 1–14.

Mahardika, M. D. G. (2021). Pendidikan Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 67–70.

Marhadi. (2019). Permainan Ludo Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Sekolah Dasar. 7, 19–31.

Novianti, S. (2018). Peningkatan Pengetahuan Makanan Sehat Pada Anak Melalui Kegiatan Cooking di TK Tunas Bangsa Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Institusi Agama Islam Negeri Batusangkar, 1–74.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran (R. Awahita (ed.); 1st ed.). CV Jejak, anggota IKAPI.

Pardomuan, M. J. N. (2013). Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, 5–7. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/7649/4429

Rohani, S.Ag., M. P. (2020). Media pembelajaran. 1–94.

Sari, E. R., & Kurniaman, O. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Ii Sdn 067 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 125. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7628

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Sumarni, S. (2019). Model penelitian dan pengembangan (RnD) lima tahap (MANTAP). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 1(1), 1–33.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.12897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: