Implementasi Model Pembelajaran PBL Berbantuan Teka-Teki Silang Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X

Helmi Alfiaturrohmah, Ro'idah Salma, Bambang Supriadi, Heny Mulyowidodo

Abstract


Pembelajaran Fisika di kelas X masih berfokus pada kegiatan latihan soal-soal dari buku teks saja, sehingga banyak hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika yang masih rendah. Perlu adanya perbaikan yang dibuat oleh guru dalam perencanaan strategi pembelajaran dan pemanfaatan media yang berfungsi mempermudah siswa untuk mendorong peningkatan hasil belajar siswa. Salah satu bentuk inovasi model pembelajaran PBL berbantuan teka-teki silang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas X melalui implementasi model pembelajaran PBL berbantuan teka-teki silang. Objek dari penelitian ini ialah kelas X 3 SMAN 2 Jember. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan dua siklus. Siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari siklus I dijadikan acuan untuk pelaksanaan siklus II dengan memperbaiki kelemahan pada siklus I. Berdasarkan perolehan data penelitian, penerapan model pembelajaran PBL dengan integrasi teka-teki silang klasik menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan. Pada siklus awal rata-rata hasil belajar siswa mencapai 60%, sedangkan pada siklus berikutnya rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan pembelajaran PBL yang dilengkapi dengan teka-teki silang dan website Wordwall efektif meningkatkan hasil belajar fisika siswa.

Keywords


Teka-teki silang, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Problem Based Learning (PBL)

References


Amalia, N., Cahyaningsih, U., & Kurino, Y. D. (2021). Studi Literatur: Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021 “System Thinking SKills Dalam Upaya Transformasi Pembelajaran Di Era Society 5.0,” 238–241.

Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2010). Buku Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Yrama Widya.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian tindakan kelas (Jakarta). Bumi Aksara. https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas/-RwmEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=ptk+arikunto&printsec=frontcover&bshm=rime/1

Ariyati, I. M., & Kurniawan, R. Y. (2023). Integrasi Model Pembelajaran PBL dan NHT Berbantuan Media TTS dalam Meningkatkan Hasil Belajar. JURNAL PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 10(1), 53–62.

Darman, R. A. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Guepedia.

Endang, P., Masduki, Pantiwati, Y., Widodo, E., & Nasionall, D. P. (2008). Asesmen Pembelajaran SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Fauhah, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar …. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 9, Nomor 2, 2021 Analisis, 9(2), 321–334.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. PT. Diva Press.

Lubis, L., Maulana, M. A., & Oktavia, N. (2019). Role of Physical and Cognitive Factors in Passing Abilities of Futsal Athletes in Universitas Padjadjaran. Majalah Kedokteran Bandung, 51(2).

Mirdanda, A. (2013). Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik. Yudha English Gallery.

Novitasari, D., Ratnawuri, T., & Pritandhari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Book (E-Book) Berbasis EDMODO Kelas X SMK Kartikatama Metro. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 7(2), 107–115.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu - Llmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah, Dan Tarbiyah, 03(1), 171–187.

Nurtanto, M., & Soyan, H. (2015). Jurnal Pendidikan Vokasi Implementasi problem-based learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif , psikomotor , dan afektif siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352–364.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. 07(01), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Pratiwi, P., Nurkholisah, Anista, W., & Utomo, A. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantu Media TTS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 7–12.

Rahmini, Y., Anaperta, M., & Yanti, L. R. (2018). Pengaruh Penerapan Teka Teki Silang Dalam Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Padang. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 3(2), 75–86.

Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. RajaGrafindo.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Trianto. (2019). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). PT Bumi Aksara.

Wasgito, M. A., & Setiadarma, W. (2014). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki Silang (TTS) Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2(3), 36–43.

Wea, K. N., Ririnsia, R. H. H., & Kleruk, E. D. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8). https://doi.org/10.5281/zenodo.5820959




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i2.12980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: