Group Investigation Berbantuan Media Visual Kartun Terhadap Keterampilan Investigasi Dan Penguasaan Konsep

Rian Andriyana, Romdah Romansyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, model group investigation dengan media visual kartun terhadap keterampilan investigasi dan penguasaan konsep. Metode yang digunakan eksperimen. Desain quasy eksperimen dengan pre-post test control group. Instrumen adalah task dan rubrics. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling dengan jumlah sampel 34 orang masing-masing kelas. Lalu digunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis observasi atau pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model group investigation berbantuan media visual kartun, terdapat perbedaan pengaruh antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata 2,89 untuk kelas eksperimen dan  2,09 untuk kelas kontrol. Kemampuan memberikan alasan (justification) di kelas eksperimen 2,72 kelas kontrol nilai rata-rata 2,14. kelas eksperimen dengan model group investigation berbantuan media visual kartun memperoleh nilai rata-rata 2,17, kelas kontrol 2,0. hasil pengujian t hit (8,32) > t daf (1,67). Kesimpulan bahwa Implementasi model group investigation berbantuan media visual kartun terlibat aktif dalam melakukan penyelidikan dan pengamatan, mengumpulkan dan menganalisis, mendiskusikan dan menyelesaikan tugas belajar, dapat meningkatkan keterampilan mengivestigasi dengan nilai 2,35. Modell group investigation berbantuan media visual kartun dapat mempengaruhi penguasaan konsep, kelas eksperimen memperoleh nilai 83,15. Respon siswa terhadap implementasi model group investigation berbantuan media visual kartun sebesar 72%.

Keywords


Group investigation, media visual kartun, penguasaan konsep

References


Abdul, Muhamad. 2013. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis dalam Pembelajaran. Yogyakarta : Penerbit Andi

Ali. 2013. Media pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Amita Dhaaka. 2012. “Research Article. Biological Science Group Investigation Model And Biology Teaching”. Principal, Department of Education, RG College of Education, G.Noida, Uttar Pradesh, INDIA. Bookman International Journal of Accounts, Economics & Business Management, Vol. 1 No. 2, October-November-December 2012 / 80. ISSN No. 2319-426X © Bookman International Journals :

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2013. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. 2009. Teknik dan Metode Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Daryanto. 2008. Belajar danPrestasi Belajar Siswa. Surabaya : Kartika.

Elisa M. Stone. “Guiding Students to Develop an Understanding of ScientificInquiry: A Science Skills Approach to Instruction”. Berkeley Science & Math Initiative, University of California, Berkeley, Berkeley, CA 94720-3860. CBE—Life Sciences Education. Vol. 13, 90–101, Spring 2014

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Jennifer K. Hood-DeGrenier. 2012. “Undergraduate Cell Biology LaboratoryA Western Blot-based Investigation of the Yeast Secretory Pathway Designed for an Intermediate-Level”. CBE—Life Sciences Education. Vol. 7, 107–117

Istamar, Syamsuri. 2013. “IPA Biologi Untuk Kelas VII”. Jakarta : Erlangga

Kim Quillin and Stephen Thomas. 2015. “Visual-to-Learn: A Framework for Using Visual to Promote Model-Based Reasoning in Biology Department of Biological Sciences, Salisbury University, Salisbury, MD 21801”. Department of Zoology, Michigan State University Museum, Center for Integrative Studies in General Sciences, Michigan State University, East Lansing, MI 48823 Submitted August 16, 2014; Revised October 3, 2014; Accepted October 11, 2014 Monitoring Editor: Mary Lee Ledbette. CBE–Life Sciences Education. Vol. 14, 1–16

Kusumah. 2013. Media pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Munadi, Yudhi. 2011. Media pembelajaran, sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Munandar, Utami.2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Patria. 2013. Upaya peningkatan Prestasi Akademik Siswa. Jakarta : Rineka Cipta.

Rohani. 2015. Peranan Media dalam Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

Sabandar. 2008. Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. Yogyakarta : Kanisius.

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Saroso, Siswo. 2008. Upaya Pengembangan Kemampuan Berpikir Siswa dalam Pembelajaran di Kelas. Bandung : Rineka Cipta.

Sudaryono. 2012. Belajar Mengajar di Kelas. Yogyakarta : Kanisius.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung : Alfhabeta.

Suryaningtyas. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Suryasubrata, Sumadi. 2005. Prestasi Belajar Siswa. Jakarta : Rineka Cipta.

Sutisna. 2005. Penilaian Prestasi Akademik Siswa. Jakarta : Bina Aksara.

Vestari. 2009. “Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa”. Surabaya : Kartika.

Wahab. 2012. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis dalam Pembelajaran. Bandung : Tarsito.

Wardhani, S. 2014. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Depdiknas P3G.

Widodo. 2006. Penilaian Prestasi Akademik Siswa. Jakarta : Bina Aksara.

Yusuf. 2010. Metode Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.13089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: