Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Dengan LKPD Berbasis Diagram Berpikir Multidimensi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anjani, F., Supeno, & Subiki. (2020). Kemampuan penalaran ilmiah siswa SMA dalam pembelajaran fisika menggunakan model inkuiri terbimbing disertai diagram berpikir multidimensi. Lantanida Journal, 8(1), 1–95.
Andayani, F. C. (2020). Validitas perangkat pembelajaran berbasis inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi jaringan hewan di SMA. Jurnal Pijar Mipa. 15(4): 66-372.
Chen, J., Wang, M., Grotzer, T. A., & Dede, C. (2018). Using a three-dimensional thinking graph to support inquiry learning. Journal of Research in Science Teaching, 55(9), 1239–1263. https://doi.org/10.1002/tea.21450
Daud, M. (2018). Efektivitas pembelajaran keterampilan proses sains (KPS) pada pokok bahasan termo kimia dalam meningkatkan kemampuan siswa di SMA Neferi 1 Krueng Barona Jaya kabupaten Aceh besar dinas pendidikan Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 1–102.
Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871
Jum’atun, S., Supeno dan A. S. Budiarso. 2023. Pengembangan E-LKPD berbasis diagram berpikir mutlidimensi untuk meningkatkan keterampilan inkuiri dan hasil belajar siswa smp/mts pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Berkarakter. 6(1): 28-33.
Lepiyanto, A. (2017). Analisis keterampilan proses sains pada pembelajaran berbasis praktikum. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 156–160. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795
Musliman, A., & Kasman, U. (2022). Efektivitas model inkuiri terbimbing untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep fisika yang bersifat abstrak. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(1), 48–53. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.116
Nawfa, K. U., Budijastuti, W., & Purnomo, T. (2022). Pengembangan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan untuk melatihkan keterampilan proses sains. edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(4): 6353–6365.
Nurfarida, N., Bahtiar, B., & Ernita, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1790
Oktaviani, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137
Putri, N., Winarni, Endang, W., & Koto, I. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing berbantuan multidimensi untuk meningkatkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA di kelas IV. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 60–71.
Rafiah, R., Arifuddin, M., & Mahardika, A. I. (2018). Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 186–192. https://doi.org/10.20527/jipf.v2i3.1023
Salsabila, V. A., & Rinaningsih. (2023). Review: efektivitas LKPD pada pembelajaran Kimia Melalui model Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Journal of Chemical Education, 12(2), 75–82. https://doi.org/10.26740/ujced.v12n2.p75-82
Saputra, T. B. R. E., Nur, M., & Purnomo, T. (2016). Desain perangkat pembelajaran menggunakan media KIT listrik yang dilengkapi phet berbasis inkuiri untuk melatihkan keterampilan proses sains. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1331–1342. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Subeki, R. S., Astriani, D., & Qosyim, A. (2022). Media simulasi phet berbasis inkuiri terbimbing materi getaran dan gelombang terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(1), 75–80. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/41459/37610
Sujarwanto, E., & Putra, I. A. (2018). Investigasi keterampilan proses sains terintegrasi mahasiswa pendidikan fisika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Momentum: Physics Education Journal, 2(2), 79–85. https://doi.org/10.21067/mpej.v2i2.2726
Susilo, R., Trisnowati, E., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ipa Smp Untuk Meningkatkan Kps Dasar. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). 4(1): 440–456.
Wicaksono, I., Jatmiko, B., & Prastowo, T. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model cearning cycle 5E untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4(2), 518–524. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p518-524
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Akasara.
Widiyanti, T., & Fitrotun Nisa, A. 2021. Pengembangan E-Lkpd berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan. 8(1): 1269-1283.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.13164
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: