Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Dengan LKPD Berbasis Diagram Berpikir Multidimensi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA

Nurhalimah Nurhalimah, Supeno Supeno, Zainur Rasyid Ridlo

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji apakah model inkuiri menggunakan LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains terintegrasi dan hasil belajar pada siswa MTS. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Nurul Ulum dengan metode purposive sampling area yang dilakasankan dengan menentukan beberapa pertimbangan. Teknik sampling jenuh digunakan untuk memilih sampel. Model pembelajaran inkuiri bantuan LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi dipakai pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol mengikuti pembelajaran dengan cara tradisional. Uji statistika yang digunakan untuk menganalisis data keterampilan proses sains dan hasil belajar yaitu uji normalitas independent sample t- test serta uji t pihak kanan. Hasil   independen sampel t-test keterampilan proses sains yakni sig.(2-tailed) adalah 0,003, hasil belajar didapatkan sig.(2-tailed) sebesar 0,001 sehingga nilai signifikansinya > 0,05, Ho ditolak dan Ha diterima. Uji t pihak kanan keterampilan proses sains terintegrasi didapatkan hasil (3.224) > (1.701) sedangkan hasil belajar diperoleh (3.624) > (1.701) . Nilai t hitung > t tabel maka, keterampilan proses sains terintegrasi serta hasil belajar kelas eksperimen  lebih unggul  dibandingkan kelas kontrol, sehingga kesimpulannya model inkuiri menggunakan LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains terintegrasi dan hasil belajar siswa MTS.

Keywords


Hasil belajar IPA, Inkuiri, Keterampilan proses sains terintegrasi

References


Anjani, F., Supeno, & Subiki. (2020). Kemampuan penalaran ilmiah siswa SMA dalam pembelajaran fisika menggunakan model inkuiri terbimbing disertai diagram berpikir multidimensi. Lantanida Journal, 8(1), 1–95.

Andayani, F. C. (2020). Validitas perangkat pembelajaran berbasis inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi jaringan hewan di SMA. Jurnal Pijar Mipa. 15(4): 66-372.

Chen, J., Wang, M., Grotzer, T. A., & Dede, C. (2018). Using a three-dimensional thinking graph to support inquiry learning. Journal of Research in Science Teaching, 55(9), 1239–1263. https://doi.org/10.1002/tea.21450

Daud, M. (2018). Efektivitas pembelajaran keterampilan proses sains (KPS) pada pokok bahasan termo kimia dalam meningkatkan kemampuan siswa di SMA Neferi 1 Krueng Barona Jaya kabupaten Aceh besar dinas pendidikan Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 1–102.

Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871

Jum’atun, S., Supeno dan A. S. Budiarso. 2023. Pengembangan E-LKPD berbasis diagram berpikir mutlidimensi untuk meningkatkan keterampilan inkuiri dan hasil belajar siswa smp/mts pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Berkarakter. 6(1): 28-33.

Lepiyanto, A. (2017). Analisis keterampilan proses sains pada pembelajaran berbasis praktikum. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 156–160. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795

Musliman, A., & Kasman, U. (2022). Efektivitas model inkuiri terbimbing untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep fisika yang bersifat abstrak. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(1), 48–53. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.116

Nawfa, K. U., Budijastuti, W., & Purnomo, T. (2022). Pengembangan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan untuk melatihkan keterampilan proses sains. edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(4): 6353–6365.

Nurfarida, N., Bahtiar, B., & Ernita, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1790

Oktaviani, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137

Putri, N., Winarni, Endang, W., & Koto, I. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing berbantuan multidimensi untuk meningkatkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA di kelas IV. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 60–71.

Rafiah, R., Arifuddin, M., & Mahardika, A. I. (2018). Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 186–192. https://doi.org/10.20527/jipf.v2i3.1023

Salsabila, V. A., & Rinaningsih. (2023). Review: efektivitas LKPD pada pembelajaran Kimia Melalui model Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Journal of Chemical Education, 12(2), 75–82. https://doi.org/10.26740/ujced.v12n2.p75-82

Saputra, T. B. R. E., Nur, M., & Purnomo, T. (2016). Desain perangkat pembelajaran menggunakan media KIT listrik yang dilengkapi phet berbasis inkuiri untuk melatihkan keterampilan proses sains. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1331–1342. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Subeki, R. S., Astriani, D., & Qosyim, A. (2022). Media simulasi phet berbasis inkuiri terbimbing materi getaran dan gelombang terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(1), 75–80. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/41459/37610

Sujarwanto, E., & Putra, I. A. (2018). Investigasi keterampilan proses sains terintegrasi mahasiswa pendidikan fisika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Momentum: Physics Education Journal, 2(2), 79–85. https://doi.org/10.21067/mpej.v2i2.2726

Susilo, R., Trisnowati, E., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ipa Smp Untuk Meningkatkan Kps Dasar. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). 4(1): 440–456.

Wicaksono, I., Jatmiko, B., & Prastowo, T. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model cearning cycle 5E untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4(2), 518–524. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p518-524

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Akasara.

Widiyanti, T., & Fitrotun Nisa, A. 2021. Pengembangan E-Lkpd berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan. 8(1): 1269-1283.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.13164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: