Penggunaan Media Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Kelas VII Di SMP Negeri 1 Lemahabang Karawang

Martina Martina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII di SMP Negeri 1 Lemahabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimental design dengan menggunakan bentuk desain nonequivalent control grup design. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VII. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling, maka sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.8 dan kelas VII.10. Adapun teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi dan observasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu teknik analisis data statistik parametris melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-tes. Hasil penelitian diperoleh nilai sig sebesar .000 karena signifikansi .000 < .05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII di SMP Negeri 1 Lemahabang Karawang.

Keywords


Media Animasi, Motivasi Belajar Siswa, PPKn

References


Aryani, N dan Haryanto, D., (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah.Jakarta: Prestasi Pustaka.

Binanto, I., (2010). Multimedia Digital Dasar Teori. Yogyakarta: Andi.

Daryanto, (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Darmawan, D., (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Kyriacou, C., (2012). Effective Teaching Theory And Practice. Bandung: Nusa Media.

Keller, John., (2000). How To Integrate Learner Motivation Planning Into Lesson Planning: the ARCS model approach: USA: integrating motivation.

Munir, (2012). Multimedia. Bandung: Alfabeta.

Sanaky, H., HA, (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara. Sanjaya,W., (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman, (2008). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukiyasa, Kadek., (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. http://journal uny.ac.id/index.php/jpu/article/view/1588. Diakses pada 1 januari 2016.

Susilana, R., dan Riyana, C., (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Kencana Prima.

Sutopo, A., H., (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi dalam Pendidikan.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Umbara, C., (2011). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Dan Peraturan Pemerintah R.I Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara.

Wena, Made., (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jawa Timur: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i2.13340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: